ADVERTORIAL

Fakultas Kedokteran UKDW Pecahkan Rekor MURI Kategori Pemeran Foto Lansia Terbanyak

Raihan penghargaan MURI ini menjadi catatan sejarah pertama bagi Fakultas Kedokteran UKDW saat memperingati Hari Lanjut Usia (Lansia) Internasional.

TRIBUNJOGJA.COM / Neti Istimewa Rukmana
Dekan Fakultas Kedokteran UKDW, dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D (kiri) menerima penghargaan Rekor MURI dari Manager MURI, Sri Widayati (kanan), di Lantai dua Ambarrukmo Plaza, Minggu (2/10/2022) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Fakultas Kedoteran Universitas Kristen Duta Wacana ( UKDW ) meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia ( MURI ) dengan kategori Pameran Foto Lansia Terbanyak di Lantai dua Ambarrukmo Plaza, Minggu (2/10/2022) malam.

Hal itu menjadi catatan sejarah pertama bagi Fakultas Kedokteran UKDW saat memperingati Hari Lanjut Usia (Lansia) Internasional yang jatuh pada Sabtu (1/10/2022).

Pasalnya, pihaknya memperingati Hari Lansia Internasional dengan berbagai macam acara.

Baik itu, lomba serta pameran fotografi bertema Pesona Masa Senja, talkshow, donor darah, cek kesehatan gratis, hingga Medical Expo Fakultas Kedokteran UKDW .

Baca juga: Alumni UKDW Yogyakarta Ini Masuk Top 15 Miss Indonesia 2022 Wakili Provinsi Papua Pegunungan

Ketua Panitia Lomba Fotografi sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran UKDW, dr. Lothar Matheus Manson Vanende Silalahi, Sp.N, M.Sc, mengatakan, tujuan penyelenggaran acara itu untuk meningkatkan produktivitas dan kesahatan layanan terhadap lansia .

"Biasanya setiap acara kami memberikan apresiasi kepada obyeknya, baik itu saat Hari Lansia. Tapi, untuk mengapresiasi itu, dibutuhkan bantuan banyak orang. Maka dari itu, kami ingin menggerakkan anak-anak muda atau dewasa muda untuk aware kepada lansia . Tetapi bagaimana caranya biar anak muda itu perhatian? Nah, oleh sebab itu, kami ajak untuk mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengikuti lomba fotografi," ucap dr. Lothar, kepada Tribunjogja.com , di lantai dua Ambarrukmo Plaza.

Dengan adanya lomba tersebut diharapkan anak-anak muda bisa lebih peduli kepada lansia di sekitarnya, terlebih bagi Fakultas UKDW yang mana telah memperoleh rekor MURI tersebut.

Sebab, lansia memiliki kebutuhan yang berbeda dari kalangan balita dan dewasa.

UKDW sendiri memliki pusat studi yang mempelajari tentang lansia .

Oleh karena itu, adanya program tersebut diharapkan tidak hanya berhenti sebatas penelitian atau studi saja, tetapi bisa menjadi advokasi atau jalinan kerja sama antara mahasiswa dengan pemegang kebijakan.

"Harapannya, Yogyakarta yang ditargetkan menjadi ramah lansia bisa segera tercapai," pintanya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran UKDW, dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D, menuturkan, agenda tersebut juga diperuntukkan sebagai Dies Natalis ke-13 Fakultas Kedokteran UKDW.

"Selama 13 tahun itu, kami sudah meluluskan lebih dari 500 dokter. Tentunya kami berharap, lulusan dokter di tempat kami terus bertambah banyak, supaya bisa ikur berkontribusi dalam meningkatkan status kesehatan Indonesia," sambungnya.

Apalagi, dikatakanya, pendidikan perguruan tinggi memiliki Tri Darma berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: UKDW Gelar Summer Camp 2022, Ajak Mahasiswa Belajar Budaya di Lingkup Internasional

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved