Berita Bantul Hari Ini

Dukung KLA, Goa Selarong di Bantul Didapuk Sebagai Destinasi Wisata Ramah Anak

Untuk mendukung Bantul menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA), diperlukan kolaborasi dari semua pihak. Termasuk dalam hal ini Dinas Pariwisata yang

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Untuk mendukung Bantul menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA), diperlukan kolaborasi dari semua pihak.

Termasuk dalam hal ini Dinas Pariwisata yang dituntut untuk menyediakan pariwisata yang didalamnya memenuhi indikator-indikator penyelenggaraan wisata yang ramah anak.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata adalah menggelar kegiatan lomba kreatifitas seni di Goa Selarong pada hari Minggu (2/10/2022) besok.  

Baca juga: Kapal Api Group Perkenalkan Indonesia Lewat Kopi Aren Toraja di G20 Indonesia 3rd Sherpa Meeting

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi, menjelaskan salah satu destinasi di Kabupaten Bantul yang akan dijadikan destinasi layak anak adalah obyek Wisata Goa Selarong.

"Goa Selarong akan menjadi perwajahan kawasan wisata yang menarik untuk anak dengan memberikan wahana hiburan seperti tempat bermain anak dengan memperhatikan usia anak, dan memberikan wadah untuk pengembangan kreativitas, minat dan bakat yang sesuai dengan usia anak," ungkapnya, Sabtu (30/9/2022).

Maka dari itu, untuk mengembangkan kreativitas, minat dan bakat anak diperlukan adanya event seperti lomba kreativitas seni yang akan banyak menarik anak untuk ikut berpartisipasi. Selain itu juga dapat meningkatkan pendapatan pelaku wisata di Obyek Wisata Goa Selarong dalam acara tersebut.

"Tujuannya mengenalkan obyek Wisata Goa Selarong menjadi destinasi wisata ramah anak. Dan memberi wadah dan kesempatan pada pengembangan minat dan bakat, penuangan ide, inovasi di bidang seni khususnya melukis dan mewarnai untuk anak-anak TK dan SD," imbuhnya.

Adapun kegiatan yang bertema 'Pariwisata Layak Anak Kabupaten Bantul' yakni lomba mewarnai tingkat TK, lomba melukis (bebas) tingkat SD kelas 1-3 dan lomba melukis (dengan tema) tingkat SD kelas 4-6.

Adapun jumlah peserta ditargetkan 400 anak (TK-SD) di mana mereka akan memperebutkan hadiah sebesar Rp 1 juta untuk juara pertama, Rp 750 ribu untuk juara kedua, dan Rp 500 ribu untuk juara ketiga untuk masing-masing kategori. S

Baca juga: Wawancara Eksklusif: Ambisi Ratu Tenis Indonesia, Yayuk Basuki Mengawal Olahraga Lewat Jalur Politik

ementara untuk fasilitas yang disediakan panitia diantaranya diberikan kertas gambar serta snack bagi peserta selama kegiatan berlangsung.

"Dalam kegiatan itu kami juga akan mendeklarasikan Goa Selarong sebagai destinasi wisata ramah anak, lomba photo booth, mini expo, sulap badut, serta pentas musik dan tari," urainya.

Adapun dalam perkembangannya, Kabupaten Bantul sendiri saat ini menduduki level nindya di tahun 2022 ini. Diharapkan di tahun 2023 menduduki level utama, dan di tahun 2024 harapannya akan sampai pada level Kabupaten Layak Anak. (nto)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved