Pilpres 2024

Pilpres 2024: Respons Anies Baswedan Soal Rencana Demokrat Nasdem dan PKS Deklarasikan Dirinya

Wacana Partai Demokrat, Nasdem, dan PKS untuk mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024, begini respons Gubernur DKI Jakarta itu

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM - Anies Baswedan merespons wacana Partai Demikrat, Nasdem, dan PKS yang akan mendeklarasikan dirinya sebagai capres untuk maju di Pilpres 2024

Wacana Partai Demokrat, Nasdem, dan PKS untuk mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 itu muncul ketika masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta bahkan belum usai. 

Anies Baswedan pun menyatakan bahwa saat ini ia ingin konsentrasi pada tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Saya kan masih ngurus Jakarta sampai 16 Oktober. Nanti sesudah 16 Oktober lah baru dibahas. Sekarang saya konsentrasi," ujar Anies di Jakarta Convention Center pada Kamis (29/9/2022).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono (AHY) bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5/2021)..
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono (AHY) bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5/2021).. (Dokumentasi/Partai Demokrat via kompas.com)

Anies bahkan bergeming tidak membeberkan apakah ia sudah berkomunikasi dengan tiga parpol itu soal deklarasi yang diwacanakan digelar pada 10 November. 

"Pokoknya saya ngurusin Jakarta dulu. Fokus dulu di sini baru setelah itu saya ngomong lagi," tambahnya.

Partai Demokrat, Nasdem dan PKS diberitakan sebelumnya akan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 pada 10 November 2022.

Namun, belum ada kepastian mengenai calon wakil presiden pasangan Anies dalam bursa calon presiden-wakil presiden tersebut.

“Jadi soal capres pokoknya sudah selesai, Anies Baswedan capres Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat, sudah 99 persen," ujar Politikus Partai Nasdem Zulfan Lindan pada Selasa (27/9/2022).

()

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/09/29/soal-isu-akan-dideklarasikan-jadi-capres-anies-saya-masih-ngurus-jakarta

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved