G30S

Mengulik Sejarah Kelam G30S PKI 1965, Siapakah Pelaku Sesungguhnya? Ini Kata LIPI dan Buku Sejarah

Apa yang terjadi di Gerakan 30 September (G30S) 1965 lalu? Benarkah pelakunya bukan hanya PKI? Simak fakta-fakta sejarah berikut ini.

DOK. Sumbarprov.go.id
Mengulik Sejarah Kelam G30S PKI 1965, Siapakah Pelaku Sesungguhnya? Ini Kata LIPI dan Buku Sejarah 

TRIBUNJOGJA.COM - Dua puluh tahun setelah Indonesia merdeka, pada malam pergantian hari Kamis, 30 September 1965 ke hari Jumat, 1 Oktober 1965, terjadi peristiwa Gerakan 30 September atau yang kerap disebut G30S PKI.

PKI adalah singkatan dari Partai Komunis Indonesia yang terlibat dalam gerakan tersebut.

Dirangkum Tribunjogja.com literasi sejarah Gramedia.com, Kamis (29/9/2022), G30S dilakukan dengan tujuan mengudeta atau menggulingkan paksa Soekarno yang kala itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia (RI).

Dipa Aidit menjadi sosok ketua di G30S PKI. Ia gencar menghasut seluruh warga Indonesia agar mendukung PKI dengan iming-iming masa depan negara akan maju dan sentosa.

G30S PKI dilaksanakan atas satu komando yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon I Tjakrabirawa (Cakrabirawa), yaitu Letnan Kolonel Untung Syamsuri. Gerakan kejam ini dilakukan di Jakarta dan Yogyakarta.

Jasad Brigjen Soetojo Siswomiharjo sesaat setelah diangkat dari sumur di lubang buaya, 4 Oktober 1965
Jasad Brigjen Soetojo Siswomiharjo sesaat setelah diangkat dari sumur di lubang buaya, 4 Oktober 1965 (IST)

Mulanya, PKI mengincar Perwira Tinggi dan Dewan Jenderal. Semula, G30S hanya bertujuan untuk menculik dan membawa paksa para Jenderal dan Perwira di sebuah tempat di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Akan tetapi, terdapat beberapa prajurit Cakrabirawa yang memutuskan untuk membunuh Perwira Tinggi dan Jenderal yang mereka bawa ke tempat itu.

Ada Perwira Tinggi dan Jenderal yang dibunuh di rumah kediamannya saat diserang PKI, ada juga yang dibunuh di kawasan Lubang Buaya.

Adapun di tempat tersebut, ada sebuah sumur tua berdiameter 75 sentimeter (cm) dengan kedalaman sekitar 12 meter (m). 

Sumur ini selanjutnya disebut sebagai “Lubang Buaya”, tempat orang-orang yang terlibat di G30S membuang jasad Perwira Tinggi dan Jenderal yang dibunuhnya.

Inilah daftar pahlawan revolusi yang terdiri dari para Dewan Jenderal dan juga Perwira Tinggi yang meninggal dunia lantaran dibunuh oleh anggota G30S PKI di kawasan Lubang Buaya:

Mengulik Sejarah Kelam G30S PKI 1965, Siapakah Pelaku Sesungguhnya? Ini Kata LIPI dan Buku Sejarah
Daftar pahlawan revolusi yang terdiri dari para Dewan Jenderal dan juga Perwira Tinggi yang meninggal dunia lantaran dibunuh oleh anggota G30S PKI di kawasan Lubang Buaya, Jakarta (DOK. Sumbarprov.go.id)

1. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani

Jenderal Ahmad Yani meninggal dunia di rumahnya, di Jakarta Pusat. 

Kini, rumah Jenderal Ahmad Yani menjadi Museum Sasmita Loka Ahmad Yani.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved