Berita Internasional

Tepis Rumor Kudeta, Selasa Kemarin Xi Jinping Kunjungi Balai Pameran Beijing

Pada Selasa (27/9/2022), Xi Jinping datang mengunjungi pameran bertema 'Menempa Menuju Era Baru' di Balai Pameran Beijing.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Noel Celis / AFP
Orang-orang berjalan melewati layar yang menunjukkan Presiden China Xi Jinping di Museum Partai Komunis China di Beijing pada 4 September 2022. - Presiden China, Xi Jinping akhirnya muncul ke publik pada Selasa (27/9) setelah diguncang rumor kudeta militer. 

TRIBUNJOGJA.COM, BEIJING - Kabar kudeta terhadap Presiden China Xi Jinping akhirnya tak terbukti.

Setelah sempat menghilang selama beberapa hari dan dikabarkan dikudeta, Xi Jinping akhirnya muncul di hadapan publik.

Pada Selasa (27/9/2022), Xi Jinping datang mengunjungi pameran bertema 'Menempa Menuju Era Baru' di Balai Pameran Beijing.

Kedatangan Xi Jinping ini tentunya menepis isu soal kudeta militer yang berhembus beberapa hari terakhir.

Xi Jinping sebelumnya dikabarkan dikudeta setelah menghilang dari publik sejak terakhir kali melakukan perjalanan ke Uzbekistan untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi yang berakhir pada 16 September 2022 lalu.

Dalam kunjungannya ke Balai Pameran Beijing, Xi Jinping tidak sendirian.

Dia didampingi oleh Perdana Menteri Li Keqiang dan para pemimpin tinggi China lainnya.

Kunjungan itu adalah penampilan pertama Xi di televisi sejak ia kembali dari pertemuan puncak di Uzbekistan akhir pekan lalu.

Di bawah aturan pencegahan Covid-19 di China, presiden harus dikarantina selama seminggu setelah kembali dari luar negeri.

Masa Jabatan Ketiga

Dikutip dari Tribunnews.com, Xi Jinping adalah salah satu pemimpin China yang paling kuat dalam beberapa dekade seperti yang dikutip dari CNA.

Sejak menjabat sebagai sekretaris jenderal partai, ia terus mengkonsolidasikan kekuatan dan menghilangkan ruang untuk perbedaan pendapat serta oposisi.

China juga menjadi jauh lebih tegas di panggung global sebagai pemimpin alternatif dari tatanan pasca-Perang Dunia II yang dipimpin AS.

Baca juga: Muncul Kabar Soal Kudeta Militer di China, Begini Analisis Pengamat

Sejatinya bukan hal yang aneh jika seorang pemimpin China tidak terlihat selama berhari-hari atau berminggu-minggu karena menghadiri sebuah pertemuan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved