Berita Bisnis Terkini

Otsuka Blue Planet, Upaya Edukasi Masyarakat Tanggulangi Sampah Plastik Secara Mandiri

Otsuka Blue Planet bakal memfokuskan kegiatannya kepada tiga sektor penting yaitu Otsuka Eco Village, Otsuka Blue School dan Otsuka Eco Bottle.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Konferensi pers Otsuka Blue Planet, upaya edukasi masyarakat tanggulangi sampah plastik, Kamis (27/9/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT Amerta Indah Otsuka meluncurkan program Otsuka Blue Planet , suatu komitmen untuk memberikan edukasi demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dalam upaya mendukung pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik.

Otsuka Blue Planet bakal memfokuskan kegiatannya kepada tiga sektor penting yaitu Otsuka Eco Village, Otsuka Blue School dan Otsuka Eco Bottle.

Serangkaian edukasi masyarakat itu dilakukan bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, sehingga tercipta masyarakat yang mampu mengelola sampah berkelanjutan dengan baik dan benar secara mandiri.

Baca juga: Bank Sampah Gerbang Pilah Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Minyak

Corporate Communication Manager PT Amerta Indah Otsuka, Laibun Sobri mengatakan, sampai saat ini penumpukan sampah di pembuangan akhir disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam memilah sampah yang dapat didaur ulang.

“Otsuka Eco Village sudah dilaksanakan sejak 2021. Kami buat untuk mendorong terciptanya masyarakat yang mampu mengelola sampah secara mandiri,” jelasnya dalam konferensi pers, Selasa (27/9/2022).

Ia menjelaskan, saat ini, Otsuka Eco Village masih dilaksanakan di wilayah pabrik, seperti Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat dan Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur.

Selanjutnya, Otsuka Blue School dimulai sejak Juni 2022, sudah berhasil dijalankan di dua SMA yakni SMA Budi Mulia Ciledug Tangerang dan SMA Regina Pacis Jakarta. 

“Kegiatan ini merupakan program yang dilakukan di tingkat SMA, dimana program ini membantu para siswa, guru dan pegawai sekolah agar dapat melakukan pengelolaan sampah berkelanjutan khususnya botol plastik secara baik dan benar,” bebernya.

Dia mengungkap, tidak menutup kemungkinan, program itu akan menyasar sekolah-sekolah di Yogyakarta.

Terkait Otsuka Eco Bottle atau upaya untuk membuat kemasan botol plastik dengan bahan material daur ulang, telah dilakukan pengiriman pertama botol plastik dengan komposisi 30 persen berbahan dasar daur ulang.

Baca juga: Kisah Warga Trucuk Klaten Daur Ulang Limbah Plastik Jadi Produk Bronjong Bernilai Ekonomi

Rencananya, secara bertahap, botol plastik itu akan dibuat 100 persen dari bahan daur ulang pada 2030.

Ade Palguna, Kepala Badan Penyuluhan & Pengembangan SDM KLHK RI mengatakan pihaknya membuka lebar kerja sama dengan pihak swasta.

“Kami menyadari bahwa untuk mengurangi sampah plastik dipengaruhi oleh kontribusi positif dari masyarakat dan pihak swasta, sehingga kami sangat mengapresiasi PT Amerta Indah Otsuka yang berupaya untuk melakukan pembinaan bagi sekolah dan masyarakat dalam mengelola lingkungan hidup melalui Otsuka Blue Planet,” ungkapnya.

Ia berharap, adanya program Otsuka Blue Planet dapat membantu mengubah perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan memulai mengelola sampah dan membuang sampah pada tempatnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved