Berita Kota Yogya Hari Ini

Meriahkan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, Sekati ing Mal Kembali Digulirkan

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali menggelar event ' Sekati ing Mal ' untuk kedua kalinya. Kegiatan tersebut digulirkan di tiga pusat perbela

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Azka Ramadhan
Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogya, Tri Karyadi Riyanto, di sela jumpa pers Sekati ing Mal, Selasa (27/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali menggelar event ' Sekati ing Mal ' untuk kedua kalinya. Kegiatan tersebut digulirkan di tiga pusat perbelanjaan sekaligus, pada 5-10 Oktober 2022.

Selaras dengan namanya, agenda ini sengaja dilaksanakan untuk menghidupkan kembali hegemoni Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) setiap bulan Maulud.

Tetapi, Pemkot memberi sentuhan yang lebih modern.

Baca juga: Bawaslu Sebut Keterwakilan Perempuan sebagai Pendaftar Panwascam di Sleman Terpenuhi 

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta , Tri Karyadi Riyanto menandaskan, seperti tahun sebelumnya, Sekati ing Mal kembali hadir di tiga lokasi yakni, di Malioboro Mall, Lippo Plaza, serta Galeria Mall.

"Kebetulan, tahun ini berbarengan dengan peringatan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, ya, jadi sekalian kami jadikan satu rangkaian," katanya, dalam jumpa pers di kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (27/9/2022) siang.

Dijelaskannya, Sekati ing Mal tahun 2022 bakal melibatkan 80 industri kecil menengah di Kota Yogyakarta.

Nantinya, 40 IKM membuka stand di Malioboro Mall, 30 IKM di Galeria Mall, lalu sisanya 10 IKM ditempatkan di Lippo Plaza

"Jadi, yang difasilitasi itu IKM yang bergerak di sektor craft, fashion dan kuliner. Selama event, khusus kuliner kita tempatkan di Lippo Plaza, craft dan fashion di Malioboro Mall dan Galeria Mall, dipisah, ya," terangnya.

Baca juga: Kabupaten Sleman Raih UHC Sebesar 96,21 Persen

Riyanto memaparkan, penyelenggaraan Sekati ing Mal untuk kedua kalinya ini selaras dengan permintaan pelaku usaha yang merasakan dampak positif dari event tersebut.

Bak gayung bersambut, Sekati ing Mal kemudian didapuk jadi bagian calendar of event Kota Yogya dan bakal digelar secara rutin.

"Harapan kami, mereka makin bangkit setelah mengikuti pameran dan ikut serta memulihkan perekonomian Kota Yogya. Sekarang sudah ada gelagat peningkatan dan IKM punya kontribusi signifikan," urainya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved