Berita Sleman Hari Ini

Kabupaten Sleman Raih UHC Sebesar 96,21 Persen

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Sleman bersama Pemerintah Kabupaten Sleman telah menandatangani Rencana Kerja tentang

Istimewa
Kabupaten Sleman Raih UHC Sebesar 96,21 Persen 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Sleman bersama Pemerintah Kabupaten Sleman telah menandatangani Rencana Kerja tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Penduduk Kabupaten Sleman Dalam Rangka Universal Health Coverage (UHC)

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, M Idar Aries Munandar mengatakan penandatanganan rencana kerja ini merupakan realisasi dari perwujudan komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sleman melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Baca juga: Antusiasme Tinggi, Target Keterlibatan Perempuan dalam Panwaslu Kecamatan di Purworejo Terpenuhi

"Pemerintah Kabupaten Sleman turut berkomitmen dalam memberikan jaminan kesehatan secara menyeluruh kepada penduduk Kabupaten Sleman. Hingga saat ini capaian peserta terdaftar Program JKN di Kabupaten Sleman sebesar 96,21 persen,” katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (27/09/2022). 

Ia menyebut peserta Program JKN di Sleman terus meningkat. Sebelumnya capaian peserta mencapai 95,75 persen. 

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengungkapkan sebelum adanya UHC, ada lebih dari tiga puluh ribu warga Sleman yang telah ikut Program JKN tetapi tidak bisa membayar karena perekonomian.

Untuk itu, Pemkab Sleman terus berupaya agar peserta yang non aktif tersebut dapat didaftarkan.

Baca juga: Actingnya Bikin Meleleh! Ini Dia 4 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jong Suk

"Tujuannya adalah agar masyarakat Kabupaten Sleman memiliki akses mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu, baik upaya promotif, preventif , deteksi dini, pengobatan, rehabilitatif dan paliatif tanpa terkendala masalah biaya,” ungkapnya. 

Ia berharap capaian peserta JKN bertambah hingga 98 persen. Menurut dia, kontribusi seluruh pihak juga sangat penting dalam menjaga kesinambungan Program JKN

“Perjuangan, kerjasama dan sinergitas kita bersama untuk mewujudkan UHC Kabupaten Sleman ini kita wujudkan per 1 Oktober 2022, agar mempunyai jeda waktu untuk verifikasi dan validasi data-data,” tutupnya. (maw) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved