Berita Sleman Hari Ini

Disdukcapil Sleman Lakukan Layanan Jemput Bola Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman menggelar Layanan Jemput Bola Aktivasi Identitas Kependudukan Digital.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Seorang pegawai di Sleman sedang membuka aplikasi identitas kependudukan digital. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman menggelar Layanan Jemput Bola Aktivasi Identitas Kependudukan Digital.

Aplikasi digital yang menjadi salah satu inovasi dari Ditjen Dukcapil ini sudah mulai diperkenalkan di Kabupaten Sleman yang diawali dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Disdukcapil dan dilanjutkan kepada seluruh pegawai di Lingkungan Pemkab Sleman.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap mulai dari bulan September. Selanjutnya pada tahun 2023 ditargetkan kepada masyarakat. Selain di lingkungan pemerintah daerah, layanan ini juga dibuka di seluruh kapanewon," kata Kepala Disdukcapil Sleman, Susmiarto melalui keterangan tertulis, Selasa (27/9/2022). 

Baca juga: Bupati Sleman Beri Penghargaan Kinerja Kapanewon dan Hasil Pengawasan Kearsipan Internal

Layanan jemput bola Aktivasi Identitas Kependudukan Digital ini diselenggarakan dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72/2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blangko kartu tanda penduduk elektronik serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital.

Di mana, pasal satu dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa identitas kependudukan digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. 

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sleman, Endang Multasih berharap dengan adanya aplikasi identitas kependudukan digital ini dapat mempermudah masyarakat karena semua dokumen sudah dapat diakses secara digital melalui gawai dengan barcode. Menurut dia, layanan aktivasi identitas kependudukan ini merupakan salah satu upaya Disdukcapil untuk mempercepat akses layanan publik. 

"Tujuan dari implementasi ini arahnya memang ke arah digitalisasi yang mempercepat akses layanan publik,” ungkap Endang. (rif)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved