Berita Purworejo

Antusiasme Tinggi, Target Keterlibatan Perempuan dalam Panwaslu Kecamatan di Purworejo Terpenuhi

Ia menambahkan, sejak 21-27 September 2022, jumlah total pendaftar kandidat Panwaslu di Kabupaten Purworejo ada sekitar 200-an orang dari 16 Kecamatan

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Dewi Rukmini
Suasana pengumpulan berkas calon Panwaslu Kecamatan di Kantor Bawaslu Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (27/9/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Antusiasme perempuan di Kabupaten Purworejo dalam menyemarakkan pesta demokrasi 2024 mendatang dinilai cukup tinggi. 

Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan yang diadakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purworejo

Koordinasi Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Purworejo, Abdul Aziz, memastikan keterlibatan perempuan dalam pendaftaran dan pengumpulan berkas Panwaslu Kecamatan telah terpenuhi. 

Baca juga: Yayasan Stroke Indonesia DIY Minta Dukungan DPRD untuk Jambore Stroke Nasional 2022

"Pada Senin (26/9/2022), jumlah perempuan yang mendaftar Panwaslu Kecamatan adalah 76 orang. Ada satu Kecamatan yang belum ada pendaftar perempuan, yakni Kecamatan Bruno. Namun, tadi dari Kecamatan Bruno, ada sekitar empat orang perempuan yang mendaftar," ungkap Aziz kepada Tribunjogja.com, Selasa (27/9/2022). 

Dengan demikian, target dua kali kebutuhan kandidat Panwaslu tiap Kecamatan di Kabupaten Purworejo telah terpenuhi.

Sebab, tiap Kecamatan telah memiliki minimal dua orang pendaftar perempuan. 

"Sesuai harapan, pendaftar perempuan di Kabupaten Purworejo cukup tinggi, telah mencapai target di atas 30 persen. Melihat hal itu, kami tidak akan membuka perpanjangan pendaftaran, yang kalau sesuai jadwal dilaksanakan 2-8 Oktober 2022," katanya.

Ia menambahkan, sejak 21-27 September 2022, jumlah total pendaftar kandidat Panwaslu di Kabupaten Purworejo ada sekitar 200-an orang dari 16 Kecamatan. 

Jumlah tersebut melebihi target Bawaslu Purworejo yang membutuhkan  96 orang dari dua kali kebutuhan.

Artinya, tiap kecamatan akan ada 3 orang Panwaslu inti dan 3 orang cadangan. 

Baca juga: Polisi Tetapkan Status Tersangka dan Tahan Warga Sewon yang Cabuli Anak Penyandang Disabilitas

Abdul Aziz yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Kelompok Kerja (Pokja), menjabarkan tahapan selanjutnya. Para pelamar akan mendapatkan pengumuman hasil seleksi administrasi dan penilaian berkas calon panwaslu pada 12 Oktober 2022. 

Kabar tersebut, dapat diakses melalui laman website dan akun media sosial Bawaslu Purworejo.

Atau bisa langsung mendatangi kantor Bawaslu Purworejo di Jalan Letjen Sarwo Edhie Wibowo, Desa Sindurjan, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

"Kemudian pada 12-18 Oktober 2022, masyarakat diberi kesempatan memberi tanggapan dan masukan untuk menilai calon Panwaslu Kecamatan yang telah lolos seleksi administrasi. Tentu saja, kerahasiaan identitas dari pelapor akan kami jaga," pungkasnya. (drm)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved