Pilpres 2024

Pilpres 2024: Menanti Tiga Nama Capres yang Akan Diumumkan Partai Nasdem pada 10 November

Sahroni mengatakan akan ada tiga nama capres. Tiga nama capres itu akan diumumkan oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh pada 10 November 2022.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
TRIBUNNEWS.COM/KOMPAS.COM
ILUSTRASI - Dari kiri ke kanan: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan. Inilah elektabilitas sejumlah tokoh seperti Prabowo, Ganjar, Anies, hingga Sandiaga dalam survei Capres 2024 terbaru dari lima lembaga. 

TRIBUNJOGJA.COM - Partai Nasdem dikabarkan akan mengumumkan tiga nama capres pada 10 November 2022. Tidak hanya tiga nama capres, Partai Nasdem juga akan membeberkan dengan partai mana berkoalisi di Pilpres 2024

Hal itu diungkapkan oleh Bendahara Umum Nasdem Ahmad Sahroni.

Sahroni mengatakan akan ada tiga nama capres. Tiga nama capres itu akan diumumkan oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh pada 10 November 2022.

"Kan ada tiga nama (capres). Nanti akan diumumin sama babeh gue (Surya Paloh) (pada) November (2022)," sebutnya, ditemui di lokasi pembangunan rumah sakit (RS) Toto Tentrem, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022).

"(Pengumuman soal keputusan) koalisi ya tanggal 10 November (2022) itu," lanjut Sahroni. Ya, ia mengatakan Nasdem juga akan mengumumkan terkait keputusan koalisi partainya pada tanggal yang sama.

Hasil rakernas

Sebagaimana muncul dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem pertengahan Juni lalu, ada tiga figur yang mungkin diusung dalam kontestasi Pilpres 2024.

Pertama adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Namun, Partai Nasdem belum memutuskan siapa figur akhir yang bakal diusung sebagai bakal capres.

Mekanisme itu bergantung pada keputusan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Peta koalisi

Sementara itu, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak kunjung mendeklarasikan koalisi. Padahal, ketiganya sudah lama saling menjajaki.

Pertemuan para elite beberapa kali digelar. Figur calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) bahkan sudah dibahas.

Namun, tampaknya, perundingan masih alot sehingga ketiga partai belum juga mengucap kata sepakat.

Sebagian berpandangan, tarik ulur koalisi ini tak lepas dari dilemanya Partai Nasdem.

()

Artikel tayang di https://megapolitan.kompas.com/read/2022/09/26/sahroni-sebut-nasdem-bakal-umumkan-capres-dan-koalisi-pada-10-november

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved