Ini Tips Supaya UMKM Punya Jualan yang Laris Manis di Tokopedia

Tokopedia membagikan tips agar UMKM di Tokopedia dapat mengembangkan usaha melalui teknologi. Head of Product (Campaign) Tokopedia,

istimewa
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tokopedia membagikan tips agar UMKM di Tokopedia dapat mengembangkan usaha melalui teknologi. 

Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena mengatakan kemampuan analisis pasar merupakan hal yang penting bagi pelaku UMKM.

Tujuannya agar pelaku UMKM dapat bertahan di tengah perkembangan teknologi. 

Baca juga: Komik Berkembang Menjadi Sebuah Profesi dan Bisa Menjadi Pegangan Hidup

Untuk mengoptimalkan potensi bisnis, ada lima hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku UMKM. Pertama, pelaku UMKM perlu memantau produk yang sedang trending di pasar. 

"Pelaku UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori. Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,” katanya, Senin (26/09/2022). 

Selanjutnya, Helena menyarankan pelaku UMKM mempelajari harga produk di pasar. Menurut dia, dengan analsis perbandingan harga produk di pasar, harga yang ditawarkan berada dalam batas normal dan dapat bersaing. 

“Manfaatkan fitur Rekomendasi Harga di aplikasi Tokopedia Seller agar bisa memasarkan produk dengan harga kompetitif dan menarik lebih banyak pembeli,” lanjutnya. 

Pelaku UMKM juga harus memantau perfoma produk. Menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk, penjual dapat memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya dan optimalisasi lain. 

Sehingga sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian di Tokopedia dan performa bisnis menjadi lebih maksimal. 

Ia menerangkan uji coba penjualan juga perlu dilakukan. Tujuannya untuk melihat produk yang berpotensi laris. 

“Misalnya, penjual bisa memberikan sampel atau produk tester yang akan diluncurkan kepada sejumlah pembeli untuk melihat antusiasme mereka,”terangnya. 

Baca juga: Gelandang PSIM Yogyakarta Ghulam Fatkur Ingin Teruskan Tren Positif saat Menjamu Persela Lamongan

Terakhir, ia meminta penjual untuk menggunakan fitur Pengingat Ulasan di aplikasi Tokopedia Seller. Dengan begitu, pembeli bisa menulis ulasan setelah transaksi selesai secara otomatis. 

Ulasan tersebut kemudian harus ditanggapi dan dipelajari untuk pengembangan pasar selanjutnya. 

Para pegiat UMKM bisa mendapatkan berbagai materi edukasi yang dapat diakses sepenuhnya secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller dan pelatihan daring yang disediakan oleh tim Merchant Education Tokopedia. (maw) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved