Berita Kota Magelang Hari Ini

Ratusan Burung Kicau Tampil Memukau pada Lomba Kicau Nasional di Kota Magelang

Lomba burung kicau tingkat nasional itu diikuti pecinta burung dari berbagai daerah, mulai Magelang, Temanggung hingga Aceh.

TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita
Suasana penjurian terhadap puluhan burung kicau yang mengikuti kontes nasional di Geloran Sanden, Minggu (25/09/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM,  KOTA MAGELANG - Ratusan burung kicau jenis Murai Batu, Kenari, Kacer, dan Cendet  beradu kicau sesuai kelasnya.

Burung-burung tersebut tampil memukau di lomba tingkat nasional yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) dan Komunitas burung kicau BnR Kota Magelang , di Gelora Sanden Kota Magelang , pada Minggu (25/09/2022).

Lomba burung kicau tingkat nasional itu  diikuti pecinta burung dari berbagai daerah, di antaranya dari Aceh, Lampung  Jakarta, Pantura, Magelang ,Temanggung, dan daerah lainnya.

Panitia Kontes Kicau Nasional Pemkot Magelang , Agus Pitoyo mengatakan, kegiatan ini merupakan even tahunan yang baru lagi digelar setelah pandemi.

Baca juga: Medali Emas Ganda Campuran Kapal Api Indonesia International Series 2022 Milik Dejan/Gloria

"Sebenarnya, kami sudah pernah melakukan kontes nasional sebelum pandemi. Namun, karena pandemi menerpa kontes ini terhenti selama dua tahun. Dan, baru digelar lagi pada hari ini,"ujarnya saat ditemui di lokasi pada Minggu (25/09/2022).

Ia menambahkan, kontes nasional ini diikuti sebanyak 39 jenis burung yang terbagi kelompok komunitas dan reguler.

Adapun, penilaian akan dilihat dari irama lagu, durasi kicau, volume kicau, dan gaya.

"Karena, untuk materi itu seperti Burung Murai kalau suaranya kan khas. Tapi, yang dinilai itu seperti isian dari kicauannya,"terangnya.

Dengan diadakannya kembali kontes burung kicau di Kota Magelang , dirinya berharap agar pecinta burung kicau semakin luas, terutama di Magelang.

Menurutnya, selain menghasilkan suara merdu.

Burung-burung kicau juga bisa menjadi lahan bisnis yang berpeluang tinggi.

"Ya bisa meningkatkan kualitas burung kicau ini. Harapannya bisa diternak sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah juga,"urainya. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved