PSIM Yogyakarta

Erwan Hendarwanto Soroti Turunnya Kondisi Fisik Pemain PSIM Yogyakarta di Babak Kedua

Pasalnya dalam pertandingan tersebut, Laskar Mataram yang dominan di babak pertama, malah banyak ditekan Persekat Tegal di babak kedua.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Iwan Al Khasni
TRIBUNJOGJA/Taufiq Syarifudin
Pemain PSIM Yogyakarta merayakan gol ke gawang Persekat Tegal di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat (23/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM- Sejumlah catatan evaluasi dikantongi juru taktik PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto, kendati anak asuhnya mampu menang 3-1 dari Persekat Tegal di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (23/9/2022).

Pasalnya dalam pertandingan tersebut, Laskar Mataram yang dominan di babak pertama, malah banyak ditekan Persekat Tegal di babak kedua.

Menerapkan high pressing, Persekat mampu mencuri 1 gol di babak kedua, lewat sepakan eks PSIM Yogyakarta, Yoga Pratama.

"Salah satu pekerjaan rumah (PR) besar kita memang di kondisi fisik pemain yang menurun khususnya pertengahan babak kedua," kata Erwan Hendarwanto.

"Tapi ada beberapa juga yang memang harus kita perbaiki lagi kedepannya terutama defend kita di blok belakang, dimana koordinasi dan komunikasi mereka masih harus kita tingkatkan termasuk prinsip defend yang sering kali mereka lupa dan harus kita ingatkan terus agar kedepan mereka bisa lebih tangguh. Selain itu transisi attacking to defend juga benar-benar harus kita skemakan lagi," tambah dia.

Jelang laga kontra Persela, Selasa (27/9), Erwan berharap agar timnya bukan hanya bergantung lewat tendangan bebas untuk memecah kebuntuan, namun juga memaksimalkan peluang untuk menciptakan gol lewat skema open play atau dengan kata lain, gol yang terjadi di luar skema bola mati.

"Kalau dari saya pengennya semua aspek dari sepak bola itu bisa kita manfaatkan. Kalau di sepak bola itu kan kita berbicara bertahan, menyerang, transisi, dan set-piece yang bisa dilakukan dari corner kick ataupun tendangan bebas. Tapi memang secara open play harus banyak situasi kemarin yang gol ketiga. Tapi dari situasi apapun harus bisa kita manfaatkan dengan baik," ujar Erwan.

Adapun pascalaga┬ákontra Persekat Tegal, Jumat (23/9) kemarin, PSIM langsung menggelar sesi latihan ringan, di lapangan Kenari, Sabtu (24/9) pagi.

Erwan Hendarwanto, membeberkan menu latihan yang harus dilahap anak-asuhnya pagi ini dan mengabarkan kondisi para pemain pasca laga melawan Persekat Tegal.

"Menu latihan pagi ini kita hanya recovery untuk pemain yang kemarin tampil penuh, dan sedikit ada conditioning kebugaran agar kondisinya tidak terlalu timpang bagi teman-teman yang kemarin menit bermainnya kurang ataupun pemain yang belum bermain," ungkap Erwan.

"Untuk kondisi pemain sendiri masih ada beberapa pemain yang kita pantau, khususnya Sunni yang sempat mengalami masalah saat pemanasan kemarin," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved