Berita Sleman Hari Ini

Sespri Kapolda DIY Kompol Tony Priyanto Lolos Seleksi untuk Studi Banding Kepolisian ke Jepang

Anggota Polda DIY, Komisaris Polisi (Kompol) Tony Priyanto, yang menjabat sekretaris pribadi (Sespri) Kapolda DIY terpilih untuk mewakili Kepolisian

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok istimewa
Kompol Tony Priyanto terpilih mengikuti studi banding sistem Kepolisian di Jepang. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Anggota Polda DIY, Komisaris Polisi (Kompol) Tony Priyanto, yang menjabat sekretaris pribadi (Sespri) Kapolda DIY terpilih untuk mewakili Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengikuti studi banding sistem Kepolisian di Jepang. Kegiatan ini merupakan program Japan International Cooperation Agency (JICA) kerjasama antara Polri dengan Kepolisian Negeri Matahari Terbit.

"Perwakilan dari Indonesia ada 12 orang. Dari Polda DIY hanya saya sendiri," kata Tony, kepada Tribun Jogja, Jumat (23/9/2022).

Mantan Wakapolres Sleman ini menyampaikan, untuk bisa mengikuti program ini harus melalui serangkaian seleksi.

Baca juga: Petik Kemenangan Perdana Lawan Persekat Tegal, PSIM Yogyakarta Tinggalkan Posisi Juru Kunci

Semula dari 100an lebih personel polisi diseleksi menjadi 54 orang. Selanjutnya diseleksi lagi hingga akhirnya terpilih 12 orang sebagai perwakilan Polri untuk Studi Banding di Jepang.

Kegiatan ini berlangsung satu bulan lebih. Dimulai dari tanggal 16 September hingga 22 Oktober 2022.

Kepolisian Jepang dinilai merupakan salah satu Kepolisian di dunia yang dianggap paling berhasil menerapkan community policing (polmas) sehingga citra dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polisi sangat baik.

Polri dan Kepolisian Jepang sudah bekerjasama sejak 20 tahun lalu. Menurut Tony, setiap tahun Polri selalu mengirimkan perwakilannya.

Kecuali tahun 2020 dan 2021 karena alasan pandemi Covid-19.

Baca juga: Kapten Kesebelasan, Personel Satpol PP ini Pimpin Tim Sepakbola Kota Yogyakarta Juarai Porda DIY

Tujuan kegiatan ini untuk membandingkan sekaligus mempelajari sistem kepolisian di Jepang untuk diadaptasi penerapannya di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat Indonesia.

"Harapannya, Polri bisa mengambil pelajaran dan pengalaman serta hal-hal yang baik dan bisa diterapkan dalam sistem kepolisian Indonesia khususnya strategi community policing agar Polri bisa seperti kepolisian Jepang yang sangat dipercaya dan dicintai oleh masyarakatnya," harap Mantan Kapolsek Mlati ini. (rif)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved