Berita Sleman

Regenerasi Seniman Tari Lewat Lomba Cipta Tari

Melalui lomba ini diharapkan nantinya bisa menjadi salah satu triger untuk terus melestarikan serta mencetak penata-penata tari baru di Sleman

Tribunjogja/Neti Istimewa Rukmana
Pagelaran lomba cipta tari Kabupaten Sleman 2022, di Gedung Kesenian Pemerintah Kabupaten Sleman pada Jumat (23/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman menggelar lomba cipta tari Kabupaten Sleman 2022.

Lomba cipta tari ini digelar di Gedung Kesenian Pemerintah Kabupaten Sleman pada Jumat (23/9/2022).

Kepala Bidang Adat Tradisi Budaya Lembaga dan Seni Kabupaten Sleman, Eko Ferianto, mengatakan lomba cipta tari ini digelar sebagai upaya pemerintah dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional.

" Tujuannya adalah sebagai media pembinaan dan pengkayaan materi pembelajaran di sanggar ataupun pementasan di tingkat kabupaten serta mendorong pelaku tumbuh kembangnya seni usia dini yang berbakat di bidang seni tari," kata Eko saat memberikan laporannya di Gedung Kesenian Pemerintah Kabupaten Sleman.

Lomba cipta tari ini menurut Eko diikuti oleh perwakilan dari 17 Kapanewon yang ada di Sleman.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman, Edy Winarya.

Dalam sambutannya, Edy mengungkapkan pelaku seni, khususnya seni tari di Kabupaten Sleman ini cukup banyak.

Namun regenerasi penari dan penata tari masih sangat kurang.

Melalui lomba ini diharapkan nantinya bisa menjadi salah satu triger untuk terus melestarikan serta mencetak penata-penata tari baru yang ada di Sleman.

"Pelaku seni di Kabupaten Sleman ini boleh banyak, tapi di sisi kualitas bahkan regenerasi mengenai penata tari dan koreografi saya kira bisa dihitung," ujarnya. (Tribunjogja)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved