Berita Sleman

PMI Sleman Ingin Kontribusi Bangun Karakter Siswa

PMI Sleman ingin membantu dalam upaya membangun karakter anak-anak. Ketua PMI Sleman, Sunartono mengatakan sudah mendatangani kerjasama dengan Kanwil

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Yoseph Hary W
Tribun Jogja /RIF
Anggota Tenaga Sukarela (TSR) dan Korps Sukarela (KSR) PMI Kabupaten Sleman mengikuti program pelatihan Pertolongan Pertama tingkat intermediate di Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jumat (23/9/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman memiliki program inovasi untuk membumikan visi misi Kepalangmerahan. Satu di antara program bakal dilakukan dengan ikut berkontribusi membangun karakter siswa, terutama dalam hal kepedulian terhadap sesama.

Ketua PMI Sleman, Sunartono mengatakan sudah mendatangani kerjasama dengan Kanwil Kemenag Sleman maupun Balai Pendidikan Menengah tentang pembinaan dan pengembangan kegiatan kepalangmerahan. Melalui kerjasama ini, PMI Sleman ingin membantu dalam upaya membangun karakter anak-anak.

"Kami ingin membantu membangun karakter anak-anak. Kami mencoba memberikan kontribusi agar anak peduli terhadap sesama. Itu karakter yang akan ditanamkan," kata Sunartono, Jumat (23/9/2022).

Program pembangunan karakter ini tidak lantas dilakukan secara serentak, tetapi bertahap. Mengingat, sumberdaya manusia (SDM) yang dimiliki PMI Sleman terbatas, pola yang dijalankan dengan menyiapkan terlebih dahulu Training of Trainer (TOT).

Pada tahap pertama sebanyak 30 guru tingkat SD hingga SMA. Mereka, yang telah disiapkan menjadi pembina di Sekolah masing-masing, akan dilatih penyelamatan tingkat dasar.

Selanjutnya, para guru tersebut yang akan diarahkan menularkan kepada anak didiknya.

"Dalam waktu dekat, rencananya bulan depan, 30 guru sebagai TOT. Kita latih tingkat dasar. 30 guru ini untuk menjadi pembina di sekolah masing-masing. Dan ini akan terus bertahap. Misi utamanya membangun karakter," kata dia.

Disamping itu, pada tanggal 27 September 2022, PMI Sleman juga akan menyelenggarakan sosialisasi kegiatan kepalangmerahan bagi murid SD.

Sasarannya, ada di 3 sekolah. Yaitu, SDN Brongkol, Godean; SDN 4 Sleman dan SDN Pakem- Kalasan. Jumlah sasaran masing-masing SD sebanyak 30 peserta. Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke-77 Palang Merah Indonesia.

Wakil Ketua PMI Sleman, Jazim Sumirat menyampaikan, peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 PMI pada tahun ini mengusung tema "Terus Tebar Kebaikan".

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved