Berita Kota Magelang Hari Ini

Pemkot Magelang Luncurkan Plaza Tani sebagai Wadah Memasarkan Hasil Produk Warga

Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang menyelenggarakan Plaza Tani untuk mewadahi dan memfasilitasi para binaan dalam memasarkan

TRIBUNJOGJA/Nanda Sagita Ginting
Suasana jual beli di Plaza Tani yang diluncurkan Pemerintah Kota Magelang, pada Jumat (23/09/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang menyelenggarakan Plaza Tani untuk mewadahi dan memfasilitasi para binaan dalam memasarkan produk-produknya kepada masyarakat luar.

Tidak hanya produk pangan, di Plaza Tani juga dipamerkan produk-produk pertanian, tanaman hias hingga ternak.

Ada 25 binaan Disperpa Kota Magelang yang mengikuti Plaza Tani, meliputi kelompok tani, kelompok P2L, komunitas anggrek, komunitas Aglonema, komunitas tanaman Sukulen, komunitas kelinci (Republik Terwelu), kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) dan kelompok pengolah dan pemasar ikan (Poklahsar).

Baca juga: Soal Pungutan di Sekolah Negeri Yogyakarta, Sekda DIY: Kepala Disdikpora Berhak Menegur

Selain itu, ada juga beberapa aneka sayuran, beras, saprodi pertanian, ternak kelinci, daging ayam, telur, ikan segar dan olahan ikan.

"Melalui Plaza Tani ini, pemerintah ingin menumbuhkan jiwa usaha dalam bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan serta Bidang Ketahanan Pangan, serta memberikan ruang bagi para binaan untuk saling memotivasi, belajar dan tukar pengalaman dalam hal usahanya," jelas Kepala Disperpa Eri Widyo Saptoko pada acara Grand Opening Plaza Tani, di Disperpa Kota Magelang, Jumat (23/9/2022).

Eri menyebutkan, Plaza Tani telah dibuka sebelumnya (soft opening) tanggal 2 September 2022, dan berlanjut setiap Jumat pada 9 dan 16 September 2022.

Pada saat pembukaan, omzet penjualan mencapai Rp 4,9 juta. Omset meningkat pada hari berikutnya menjadi Rp 7,2 juta dan Rp 8.6 juta.

"Selanjutnya kegiatan Plaza Tani ini akan dilaksanakan setiap hari Jumat dari jam 07.00 – 11.00 WIB. Kami harapkan kegiatan dapat menjadi momentum peningkatan kemandirian dan ketahanan pangan Kota Magelang," imbuh Eri.

Eri menyatakan, pihaknya berkomitmen memberikan kontribusi lebih untuk kemudahan pemasaran hasil segar maupun olahan pertanian, peternakan dan perikanan yang dihasilkan binaannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved