Berita Kota Magelang Hari Ini

Dua Tahun Berhenti, Pasar Rakyat Gelora Sanden Kota Magelang Kembali Dibuka 

etelah dua tahun berhenti karena pandemi, Pasar Rakyat Gelora Sanden (PRGS) akan dibuka kembali pada Minggu (25/09/2022), mulai jam 06.00 WIB di ruas

Dok istimewa
Suasana area GOR dr H. Moch. Soebroto yang akan dijadikan sebagai lokasi Pasar Rakyat Gelora Sandeng, Kota Magelang, Jumat (23/09/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Setelah dua tahun berhenti karena pandemi, Pasar Rakyat Gelora Sanden (PRGS) akan dibuka kembali pada Minggu (25/09/2022), mulai jam 06.00 WIB di ruas Jalan Tentara Genie Pelajar Magelang, kompleks Gelora Sanden Kota Magelang

Sebelumnya, kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu ini dikenal dengan nama car free day (CFD) dan Sunday morning (Sunmor) kini berubah menjadi Pasar Rakyat Gelora Sanden (PRGS).

Baca juga: DPAD DIY Gelar Pameran Arsip Kilas Balik Penetapan Gubernur dan Wagub di DI Yogyakarta

"Sejak pertengahan Maret 2020 itu kegiatan kita berhenti total akibat terdampak pandemi Covid-19. Selama berhenti itu, banyak pedagang anggota kami yang selalu bertanya kapan bisa dimulai kembali, apalagi beberapa bulan terakhir kasus Covid-19 melandai," ujar Koordinator PRGS, Fathurrozaq, pada Jumat (23/09/2022).

Ia menambahkan, memang tidak mudah untuk kembali membuka kegiatan rutin tiap hari Minggu tersebut.

Selain karena lama terhenti, juga karena situasi masih dibayang-bayangi oleh pandemi Covid-19 yang sebenarnya belum berakhir.

"Tapi, karena desakan banyak pihak, maka kami sebagai pengelola berupaya meminta izin Bapak Wali Kota agar bisa membuka kembali CFD/Sunmor itu sekaligus dengan brand baru, yaitu PRGS. Bersyukur akhirnya Bapak Wali Kota mengizinkan diadakannya kegiatan tersebut," katanya.

Fathur menyebutkan, pada pembukaan nanti sudah ada lebih dari 90 pedagang yang mendaftar sebagai peserta PRGS.

Mereka akan menempati area trotoar dan ruas jalan dimulai dari area bundaran ke utara hingga pojok Stadion Moch Soebroto yang berbatasan dengan Asrama Polisi.

"Jenis dagangan bermacam dari aneka jenis kuliner, jajanan, pakaian, mainan anak, hingga wahana permainan anak-anak. Ke depan rencana juga akan kita tambah dengan stand pelayanan publik yang diisi oleh dinas-dinas pelayanan publik, seperti yang pernah terjadi pada 2019-2020 lalu," jelasnya.

Pada momen pembukaan ini, imbuh Fathur, akan disajikan beberapa event, yaitu senam bersama dengan 6 instruktur dari LPK Yulis Studio, lomba mewarnai tingkat TK, dan pentas seni Reog dari Singo Cahyo Manunggal Kampung Bayeman. Senam dan pentas seni terpusat di area bundaran, sedangkan lomba mewarnai di dalam GOR Samapta.

"Untuk senam bersama akan hadir setiap hari Minggu pagi, sedangkan lomba mewarnai dan pentas seni akan kita jadwalkan secara periodik. Event ini guna menarik minat pengunjung untuk datang berolahraga, berbelanja, berwisata, dan berekreasi di PRGS maupun di kawasan Gelora Sanden dengan banyak fasilitas olahraga di dalamnya," paparnya. 

Baca juga: Kepala Disdikpora Bantul Tak Melarang Orang Tua yang Memberikan Sumbangan Secara Sukarela

Kepala UPT Sport Center Disporapar, Bayu Saputro sebagai pembina PRGS mengaku, pihaknya menyambut baik akan dibukanya PRGS ini. Kegiatan tiap Minggu pagi ini dinilai akan menambah lengkap dan semarak kawasan Gelora Sanden.

"Adanya kegiatan ekonomi di PRGS dapat berdampingan dengan aktivitas olahraga yang ada di Gelora Sanden. Pengunjung PRGS dapat sekaligus berolahraga di fasilitas yang kita miliki, begitu juga sebaliknya masyarakat yang sedang berolahraga di sport center bisa sekaligus belanja di PRGS. Maka, cocok taglinenya PRGS ini Ayo Berwisata dan Ayo Berolahraga," tutupnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved