Berita Sleman

Disdik Sleman Ingatkan Sekolah Dilarang Lakukan Pungutan

tidak ada kasus pungutan di Sekolah tingkat dasar (SD) maupun Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Sleman. Disdik Sleman mengingatkan

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Yoseph Hary W
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman memastikan, sampai saat ini tidak ada kasus pungutan di Sekolah tingkat dasar (SD) maupun Menengah Pertama (SMP) di wilayah Bumi Sembada.

Walau demikian, Disdik kembali mengingatkan bahwa Sekolah tidak diperbolehkan melakukan pungutan karena hal itu dilarang.

"Intinya, pungutan dan sumbangan ini kan berbeda. Pungutan jelas tidak diperbolehkan. Kalau sumbangan diperbolehkan asalkan sukarela. Tidak nyumbang pun tidak apa-apa," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Sri Adi Marsanto, kepada Tribun Jogja, Jumat (23/9/2022).

Ketentuan sumbangan diatur Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 75 tahun 2016 pasal 3.

Di mana dalam fungsi peningkatan mutu pelayanan pendidikan, Komite Sekolah, satu di antaranya bertugas untuk menggalang dana dan sumberdaya pendidikan lainnya dari masyarakat, baik perorangan/ organisasi/ dunia usaha/ dunia industri maupun pemangku kepentingan lainnya melalui upaya kreatif dan inovatif.

Upaya kreatif dan inovatif ini harus memenuhi kelayakan, etika, kesantunan, dan ketentuan perundang-undangan.

Sri Adi mengatakan, berkaitan dengan sumbangan di sekolah memang diperbolehkan tetapi harus sesuai ketentuan.

Di antaranya, harus dilakukan dengan sukarela, tidak ada ketentuan nominal dan ketika tidak menyumbang pun tidak apa-apa.

Ia justru mempertanyakan, jika sumbangan dilarang maka dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan jadi tidak boleh. Padahal dana CSR bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas di satuan pendidikan.

"Sumbangan boleh. Masa disumbang dari perusahaan tidak diperbolehkan," kata Sri Adi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved