Pilpres 2024

Dalam Dilema Hadapi Pilpres 2024, Nasdem Bakal Sulit Usung Anies Baswedan, Kata Analis Politik

beberapa alasan Partai Nasdem bakal mengalami dilema dan sulit mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM - Partai Nasdem dinilai dalam kondisi dilema untuk menghadapi Pilpres 2024. Terutama jika Nasdem bersikeras ingin mengusung Anies Baswedan bersama koalisi Demokrat dan PKS. 

Ada beberapa alasan Partai Nasdem bakal mengalami dilema dan sulit mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024

Posisi Nasdem kini yang berada di lingkaran pemerintahan Presiden Joko Widodo menjadi salah satu faktornya.

Di sisi lain, bergabung dengan koalisi Demokrat dan PKS dengan konsekuensi menarik beberapa menterinya dari pemerintahan adalah pertaruhan eksistensi Nasdem.

Penilaian  itu diungkapkan oleh Analis politik Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

Pangi mengatakan Partai Nasdem akan sulit untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Penyebabnya adalah karena Nasdem masih berada di lingkar pemerintahan Presiden Jokowi. Sementara, nama Anies identik dengan oposisi.

"Nasdem kan bisa kita rasakan, posisi sebagai the ruling party (partai yang berkuasa) sedikit banyaknya meyulitkan untuk mengusung Anies," kata Pangi kepada Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Dilema Nasdem

Tribun Jogja mengutip laporan kompas.com, Pangi menilai Nasdem juga berada di posisi sulit karena berencana berkoalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved