Berita Jogja Hari Ini

Wali Murid SMKN 2 Yogyakarta Lapor ORI DIY: Pungutan dan Sindiran Oknum Guru Siswa Pindah Sekolah

Bahkan pelajar SMKN 2 Yogyakarta justru mendapat sindiran dari oknum guru pasca ada wali murid yang melakukan pelaporan ke Ombudsman Republik

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah wali murid siswa jenjang SMA/SMK di DI Yogyakarta berencana bertandang ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY untuk meminta kejelasan terkait upaya penanganan masalah pungutan liar di lingkungan sekolah negeri.

Anggota Persatuan Orang Tua Peduli Pendidikan (Sarang Lidi) berinisial K, merasa belum ada itikad baik dari pihak sekolah maupun pemerintah setempat untuk menangani masalah yang terus berulang itu.

Bahkan pelajar SMKN 2 Yogyakarta justru mendapat sindiran dari oknum guru pasca ada wali murid yang melakukan pelaporan ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan DIY terkait dugaan pungutan.

Baca juga: Dugaan Kasus Keracunan Jajanan di MI Bulurejo Magelang, Polisi Mintai Keterangan Pada Tiga Pedagang

K mendapat informasi dari seorang siswa di sekolah tersebut.

Dalam forum pembelajaran, oknum guru itu menyebut jika orang tua keberatan dengan peraturan yang dibuat bisa menyekolahkan anaknya ke tempat lain.

Langkah untuk melapor itu juga dituding sebagai upaya bikin ribut semata dan menjadikan suasana di sekolah tak kondusif.

"Kemarin ada anak cerita saat pelajaran gurunya berkata, sebenarnya kalau tidak suka dengan peraturan sekolah ini kan bisa monggo (silahkan sekolah) ke swasta atau ke mana nanti paling di situ koar-koar juga," terang K yang juga menjadi pendamping pelapor, Kamis (22/9/2022).

Sindiran tersebut tak diarahkan menuju satu siswa saja karena dilakukan melalui pembicaraan di depan kelas. 

K kemudian menyayangkan tindakan yang dilakukan oknum guru itu terlebih siswa juga tak terlalu mengetahui soal masalah yang terjadi.

"(Sindiran) tidak menuju satu orang dia hanya berbicara di depan kelas," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved