Tindak Pemalsuan SPT Pajak, PT PJM dan Satu Tersangka Lain Rugikan Negara Hampir Rp100 Miliar

Dua tesangka yakni HP dan PT PJM yang membuat SPT palsu masa pajak Januari - September 2016 yang menimbulkan kerugian negara

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA/MIFTAHUL HUDA
Kepala Kejati DIY dan Ditjen Pajak menggelar konferensi pers pidana pajak, Kamis (22/9/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dua tersangka tindak pidana pajak dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (22/9/2022).

Dua tersangka itu disinyalir merugikan negara hampir Rp100 miliar karena dengan sengaja menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan/atau keterangan yang isinya tidak benar atau tidak lengkap.

Plt Kepala Kanwil DJP DIY, Slamet Sutantyo, mengatakan dua tesangka yakni HP dan PT PJM yang membuat SPT palsu masa pajak Januari - September 2016 yang menimbulkan kerugian negara sebesar Rp50,52 miliar. 

Kemudian tersangka PT PJM masa pajak Oktober 2016 sampai Desember 2017 dengan kerugian negara sebesar Rp46,78 miliar. 

Sehingga jika ditotal dari dua tersangka, kerugian negara mencapai Rp97,3 miliar atau mendekati Rp100 miliar. 

"Untuk memulihkan kerugian negara, beberapa aset dari tersangka HP dan PT PJM disita," katanya, dalam konferensi pers, Kamis (22/9/2022).

Aset yang disita dari tersangka HP yakni uang tunai Rp13 juta, tanah dan bangunan senilai Rp45,01 miliar, jam tangan mewah sebanyak sembilan buah, tas mewah 32 buah dan sepeda motor senilai Rp40 juta. 

Kemudian aset yang disita dari tersangka PT PJM yakni uang tunai senilai Rp12 miliar, tanah dan bangunan senilai Rp30,77 miliar dan kendaraan roda empat senilai Rp358,2 juta. 

"Dalam kegiatan penegakan hukum selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan aparat penegak hukum, seperti Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY dan Kepolisian Daerah (Polda) DIY," ungkapnya.

Dia menjelaskan DJP DIY melakukan penegakan hukum bidang perpajakan sebagai upaya terakhir dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak pada aturan perpajakan. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved