Pengembangan SDM Berkualitas, LS BMWI Gelar Pelatihan Calon Auditor Usaha Pariwisata

Dalam rangka memberikan bekal pengetahuan tentang standar pada setiap ruang lingkup usaha pariwisata dan keterampilan serta teknik audit, Lembaga

istimewa
Pelatihan calon auditor usaha pariwisata yang diselenggarakan di Gedung LS BMWI Yogyakarta, 19-24 September 2022. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam rangka memberikan bekal pengetahuan tentang standar pada setiap ruang lingkup usaha pariwisata dan keterampilan serta teknik audit, Lembaga Sertifikasi Bhakti Mandiri Wisata Indonesia (LS BMWI) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyelenggarakan Pelatihan Calon Auditor Usaha Pariwisata dengan 5 ruang lingkup yakni, hotel, bar, karaoke, spa dan jasa boga.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 6 hari dimulai pada 19-24 September 2022, dan pada Hari ke-5 peserta akan melaksanakan praktik audit atau simulasi audit.

Sedangkan pada hari ke-6, akan dilaksanakan ujian teori yang bertempat di Gedung LS BMWI Yogyakarta dengan diikuti total 41 peserta.

Baca juga: Bupati Halim Ingatkan Jangan Langgar Hukum, Satpol PP Kerahkan 1.128 Personel di Pilur Bantul

Analis Kebijakan Ahli Madya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Priyono dalam sambutannya mengatakan, Kemenparekraf membina dan mendorong lembaga sertifikasi BMWI yang aktif mengirimkan calon auditornya untuk berkomitmen membuka ruang lingkup sertifikasi usaha dan pariwisata kepada Komite Akreditasi Nasional (KAN), khususnya untuk ruang lingkup 5in1.

"Fungsi Kemenparekraf adalah membina LS BMWI menjadi Lembaga yang profesional dan kredibel. Serta melakukan pengawasan sertifikasi usaha pariwisata dan juga memberikan kewenangan kepada para pelaku usaha atau SDM calon auditornya," kata Agus.

Sementara itu, Direktur LS BMWI Hairullah Gazali SE.MBA, dalam sambutan sekaligus membuka agenda pelatihan, mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah memberikan bekal pengetahuan tentang standar pada setiap SDM calon auditor usaha pariwisata yang handal dengan ruang lingkup 5in1.

"Di samping itu juga memberikan keterampilan serta teknik audit usaha pariwisata bersertifikat untuk meningkatkan mutu," ujar Hairullah Gazali. (Han)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved