Berita Kota Yogya Hari Ini

Pemkot Yogyakarta Dapat Penghargaan dari Kemenkeu RI atas Capaian WTP 13 Kali Beruntun

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI, atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 13 kali

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok Pemkot Yogyakarta
Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, saat menerima penghargaan dari Menkeu Sri Mulyani, di Jakarta, Kamis (22/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI, atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 13 kali secara beruntun, di Jakarta, Kamis (22/9/2022) pagi.

Sebagai informasi, Pemkot Yogyakarta telah mendapat opini WTP tanpa putus, sejak 2008 silam. Penghargaan pun diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Aman Yuriadijaya.

"Penghargaan ini khusus diberikan bagi daerah yang sudah mendapatkan WTP, minimal 10 kali beruntun dari BPK. Kota Yogyakarta sudah 13 kali," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Aftershine dan Derradru Bakal Ramaikan Penganugerahan Desa Wisata Menebar Pesona di Kulon Progo

Ia pun berujar, upaya Pemkot Yogyakarta dalam mengelola keuangan secara akuntabel dan transparan layak mendapat apresiasi.

Menurutnya, WTP menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan terkait pengelolaan keuangan.

"Pemkot Yogyakarta harus terus menjaga, serta mengelola keuangan dengan baik. Kita itu sedang menggunakan dana publik, atau dana rakyat. Sehingga, tentunya, kita harus mempertanggungjawabkannya," tandasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, mengungkapkan, penghargaan dari Kemenkeu RI tersebut, harus bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja dalam melayani penduduk Kota Yogyakarta.

Baca juga: Soal Permainan Capit Boneka, PWNU DIY : Sepintas Ada Unsur Perjudian dan Eksploitasi

"Penghargaan ini sebetulnya tidak hanya kebanggaan saja, Tetapi, juga menjadi motivasi kami untuk terus menjaga dan konsisten terhadap ketaatan untuk mengelola pemerintah daerah menjadi lebih baik lagi," kata Sekda.

"Untuk meraih WTP dari BPK, sekaligus penghargaan dari Kemenkeu, itu tak mudah. Butuh konsistensi, kebersamaan, tata kelola keuangan yang baik, maupun kesungguhan mengikuti aturan berlaku," imbuhnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved