Gelar Rakernas II di Yogyakarta, PPJI Dorong Sinergi dan Percepatan Inovasi Jasa Boga

Melalui Rakernas ini, PPJI berkomitmen mendorong sinergi untuk percepatan inovasi jasa boga.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ HANIF SURYO
Press conference yang diselenggarakan jelang Rakernas Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) di Yogyakarta pada 4-7 Oktober 2022 mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM - Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) bakal menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) kedua yang akan digelar di Alana Convention Centre, Yogyakarta  pada tanggal 4-7 Oktober mendatang.

Melalui Rakernas ini, PPJI berkomitmen mendorong sinergi untuk percepatan inovasi jasa boga.

Para pelaku di industri jasa boga dituntut untuk beradaptasi terhadap perkembangan yang ada.

Sebagaimana diketahui, kondisi pandemi yang mulai terkendali, dan situasi ekonomi yang mulai pulih, memerlukan sinergitas untuk  akselerasi pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha.

Tantangan ke depan memang semakin berat, namun tetap perlu optimis menjalaninya.

"Para pelaku usaha dituntut untuk berinovasi  dengan menciptakan produk-produk jasaboga dengan ide-ide inovatif dan kreatif. Selain itu, penggunaan teknologi tepat guna sangat mendukung untuk efisiensi dan mempercepat proses produksi serta distribusi," ujar Ketua Umum PPJI, Iden Gobel di Yogyakarta, Kamis (22/9/2022).|

Lebih jauh Iden mengungkapkan, PPJI sebagai organisasi yang mewadahi pengusaha jasaboga dan UMKM di Indonesia akan mendorong percepatan UMKM untuk bangkit setelah pandami Covid-19 yang menyerang dunia, termasuk Indonesia.

Adapun Rakernas II PPJI ini juga menjadi ajang tahunan bagi para anggota dari 22 Provinsi di Indonesia untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi.

Secara praktis, tujuan Rakernas ini membahas dan menghasilkan rencana kerja nasional PPJI untuk ke depannya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PPJI DIY, Sari Dewi memaparkan bahwa dalam Rakernas ini juga digelar berbagai kegiatan yang dapat mempromosikan makanan kudapan asli Indonesia.

Hal ini untuk mendorong, menjaga, mengembangkan dan lebih menduniakan makanan khas Indonesia.

Rangkaian kegiatan dalam Rakernas antara lain lomba High Tea Snack Nusantara, serta training class meliputi "Modal, Mental & Sukses Bisnis", "Food Preparation", "Pajak Lancar, Bisnis Berkibar", "Cook & Chill System", "Production Manajemen", "Untung Maksimal, Modal Minimal", "New Menu and Food Costing".

Selanjutnya ada kelas "Regenerasi Bisnis Catering", "Cooking Class, "Professional Smartphone Food Photography", "Membangun Market Baru dengan Tiktok", serta "Digital Marketing for Scale Up Catering Business".

"Dalam Rakernas PPJI ini juga diselenggarakan lomba tumpeng dan kue tradisional, yakni mendekorasi tumpeng semenanrik mungkin menggunakan berbagai macam kue tradisional Indonesia. Total hadiahnya juga lumayan besar bagi pemenang, yakni total Rp 7,5 juta," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved