40 Tahun Bentara Budaya, ‘Mbablas’ Terus Berkarya

Pameran ini menjadi tonggak bagaimana BBY selalu menjadi cair untuk membentuk jati diri para seniman.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA/Ardhike Indah
Seorang pengunjung melihat Wayang Carangan karya Nasirun di pembukaan pameran Ajur Ajer di Bentara Budaya Yogyakarta, Kamis (22/9/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sudah ratusan atau mungkin ribuan kali pameran digelar di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY), dalam kurun waktu empat dekade belakangan ini.

Maka, di usia yang ke-40, Bentara Budaya Yogyakarta, sebuah lembaga yang mengurusi seni budaya itu pun kembali menggelar pameran untuk merayakan hari jadinya.

Berjudul ‘Ajur Ajer’ yang dapat diartikan sebagai mencair, pameran ini menjadi tonggak bagaimana BBY selalu menjadi cair untuk membentuk jati diri para seniman.

“Temanya ‘Ajur Ajer’ ini artinya kita bersama masyarakat dan seniman itu egaliter. Di sini tidak ada formalitas, tidak ada perbedaan kaya miskin, pintar bodoh, semua bisa menjadi bagian dari Bentara Budaya,” kata Romo Gabriel Possenti Sindhunata, yang biasa disebut sebagai Kurator BBY di sela-sela agenda, Kamis (22/9/2022) malam.

Pada 40 tahun lalu, Romo Sindhu, begitu ia kerap disapa, seorang wartawan Kompas menemui Jakob Oetama untuk menyampaikan pemikiran tentang lembaga yang akan mengurusi seni budaya.

Lembaga itu kemudian diberi nama Bentara Budaya oleh Jakob Oetama, pimpinan Kompas Gramedia.

Romo Sindhu kerap mengatakan BBY bisa menjadi sumber ‘kekisruhan’, dalam arti positif.

Dengan ‘kisruh’, maka karya seni pun akan terus tercipta, menerabas segala halang rintang di depan mata.

“Semua seniman bisa mendapat tempat di sini. Banyak acara khas Bentara yang hanya bisa lahir di Bentara ini. Contohnya, Djoko Pekik yang pernah hanya menampilkan satu lukisan, tapi punya gema yang begitu besar,” jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved