Berita Sleman Hari Ini

Penuturan Wali Murid SMKN 2 Depok Sleman Soal Pungutan Berkedok Sumbangan Berujung Perundungan

Wali murid SMKN 2 Depok merasa keberatan. Pasalnya, sekolah di Mrican, Depok ini diduga menarik Sumbangan kepada wali murid namun serasa pungutan .

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
freepik.com
ilustrasi amplop 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Wali murid SMKN 2 Depok merasa keberatan. Pasalnya, sekolah di Mrican, Depok ini diduga menarik Sumbangan kepada wali murid namun serasa pungutan .

Di mana tenggat waktu berikut nominal yang dibebankan per-angkatan sudah ditentukan pihak sekolah.

Merasa keberatan, wali murid tersebut lalu melapor ke kantor Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan DIY. 

Wali Murid dengan inisial E, menceritakan, dugaan sumbangan rasa pungutan ini bermula dari rapat Komite pada Jumat (16/9/2022) lalu yang membahas tentang anggaran pendidikan tahun ini.

Dalam rapat tersebut, dipaparkan anggaran senilai Rp 5,367 miliar untuk klasifikasi standar.

Baca juga: Segini Anggaran yang Dikeluarkan Pemerintah untuk Penuhi Kebutuhan Makan Tahanan

Meliputi standar kompetensi kelulusan, standar isi, proses, penilaian, pengelolaan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana hingga standar pelayanan.

Dari jumlah tersebut, dirinci lagi per angkatan. 

Angkatan kelas X dibebankan Rp 2,63 miliar. Lalu, angkatan kelas XI dibebani Rp 1,1 miliar, angkatan kalas XII Rp 976,5 juta dan angkatan kelas XIII senilai Rp 586,8 juta dengan total keseluruhan Rp 5,367 miliar.

Saat rapat tersebut, ada wali murid yang protes karena meskipun disesuaikan Permendikbud nomor 75/2016 tentang Komite Sekolah yang diperbolehkan ada sumbangan namun sifat sumbangan harusnya kerelaan hati bukan dipaksakan. 

"Setelah rapat diberikan surat kesanggupan keikhlasan sumbangan komite dan dikumpulkan pada Senin (19/9/2022) kemarin," kata dia, setelah laporan ke ORI DIY, Rabu (21/9/2022). 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved