Berita Jogja Hari Ini

Kemensos dan Dinsos DIY Menyerahkan Total Bantuan Rp773 Juta ke 10 Kampung Siaga Bencana

Dinas Sosial (Dinsos) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kementerian Sosial (Kemensos) menggelontorkan bantuan kepada 10 Kampung Siaga Bencana (KSB)

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok. Dinsos DIY
Kemensos dan Dinsos DIY menyerahkan secara simbolis bantuan untuk KSB, Selasa (20/9/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Sosial (Dinsos) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kementerian Sosial (Kemensos) menggelontorkan bantuan kepada 10 Kampung Siaga Bencana (KSB).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis dilakukan di Halaman Dinas Sosial DIY, Selasa siang (20/9/2022) kemarin.

Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih menjelaskan Dinas Sosial DIY terus melakukan kolaborasi dengan Kementerian Sosial dalam rangka mendukung keperluan pada 56 KSB di DIY. 

Baca juga: Sore Ini Pelatih Erwan Hendarwanto Perdana Pimpin Latihan PSIM Yogyakarta di Stadion Mandala Krida

Salah satunya mengisi logistik pada lumbung sosial di KSB melalui anggaran baik bersumber dari APBD DIY maupun APBN.

Meski seluruh KSB telah memiliki lumbung sosial dan telah terisi, namun kapasitasnya terus ditingkatkan untuk kebutuhan darurat.

"Melalui bantuan ini bisa dimanfaatkan masyarakat ketika sewaktu waktu terjadi bencana, terutama untuk pertolongan di awal karena pemerintah baru bisa masuk pada hari berikutnya. Sehingga lumbung sosial ini harus ada di semua KSB. Selain dari APBN, melalui APBD DIY lewat Dinas Sosial juga ada yang sudah diberikan di KSB," kata Kepala Dinsos DIY Endang Patmintarsih, melalui keterangan tertulis, Rabu (21/9/2022)

Ia menegaskan dari 56 KSB di DIY tersebut semua sudah memiliki lumbung sosial. 

Sementara babtuan bagi 10 KSB untuk melengkapi lumbung sosial dari sejumlah KSB dengan berbagai pertimbangan.

Kapasitas KSB terus ditingkat mengingat di DIY setidaknya ada 300 titik rawan bencana yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota. 

Oleh karena itu KSB harus dipersiapkan termasuk melakukan edukasi ke masyarakat yang dilakukan Tagana dan tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman langkah yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved