Ratu Elizabeth II Meninggal

Fakta-fakta Berlian Terbesar Dunia di Tongkat Ratu Elizabeth II, Kini Ditagih Arfika

Jika berlian Cullinan ditemukan hari ini, maka harganya diperkirakan sebesar US$ 400 juta atau hampir setara Rp 6 triliun

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Wikipedia Common
Tongkat milik Ratu Elizabeth II 

Tribunjogja.com - Ratu Elizabeth II telah wafat dan dimakamkan. Kini muncul seruan dari Afrika Selatan, negara bekas jajahan Inggris untuk mengembalikan harta milik era kolonialnya.

Sebagaimana diketahui Ratu Elizabeth II merupakan pemimpin monarki Britania Raya paling berpengaruh dalam 150 Tahun terakhir.

Namun ada hal yang menarik untuk diulas terkait barang peninggalan Ratu Elizabeth II, yakni tongkat dan mahkota berliannya.

Dean of Windsor David Conner, menempatkan Mahkota Negara Imperal, serta bola dan tongkat kerajaan di altar tinggi selama Layanan Komitmen untuk Ratu Elizabeth II Inggris di Kapel St George di dalam Kastil Windsor pada 19 September 2022.
Dean of Windsor David Conner, menempatkan Mahkota Negara Imperal, serta bola dan tongkat kerajaan di altar tinggi selama Layanan Komitmen untuk Ratu Elizabeth II Inggris di Kapel St George di dalam Kastil Windsor pada 19 September 2022. (Victoria Jones / POOL / AFP)

Namanya Berlian Cullinan. Benda ini kerap dipamerkan saat Ratu Elizabeth II dalam pertemuan-pertemuan tertentu.

Kali ini, aktivis Afrika Selatan memulai petisi online untuk membawa kembali set berlian besar di tongkat kerajaan milik Ratu Elizabeth II. M

Melansir Yahoo News, tongkat Kerajaan dengan Salib ditampilkan di samping Orb Penguasa dan Mahkota Negara Kekaisaran di atas peti mati Ratu saat ia berbaring di Westminster Hall, dan selama prosesi pada hari Senin untuk pemakaman kenegaraan Elizabeth II.

Permata di tongkat kerajaan adalah kepingan berlian terbesar yang diketahui di dunia, dengan berat 530,2 karat, yang dikenal sebagai Bintang Besar Afrika atau Cullinan I.

Ditemukan pada tahun 1905 dan diserahkan kepada keluarga kerajaan Inggris oleh pihak berwajib kolonial Afrika Selatan. Kematian Ratu telah memicu perbincangan baru tentang warisan keluarga kerajaan tersebut. Aktivis di Afrika Selatan telah memulai petisi yang telah menerima hampir 7.000 tanda tangan agar berlian itu dikembalikan dan ditempatkan di museum Afrika Selatan.

"Berlian Cullinan harus dikembalikan ke Afrika Selatan dengan segera," kata aktivis Thanduxolo Sabelo kepada media lokal.

Berikut fakta-fakta berlian Cullinan, berlian terbesar di dunia di tongkat Ratu Elizabeth II yang kini ditagih Afrika Selatan:

1. Berat 3.106 karat

Beberapa referensi menyebutkan, berlian Cullinan awalnya memiliki berat 3,106 karat, menjadikannya berlian kasar terbesar di dunia.

Berlian ini ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905 oleh Thomas Cullinan.

Kemudian dibeli oleh pemerintah provinsi Transvaal lama (masa penjajahan Inggris) di Afrika Selatan, untuk selanjutnya dihadiahkan kepada Raja Charles II yang memerintah Inggris kala itu.

Halaman
123
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved