Dinkop UKM DIY Gelar Pelatihan Foto Produk untuk Dorong Pelaku UMKM ke Pasar Digital

Pelatihan bertajuk Peningkatan Pemasaran Melalui Foto Produk tersebut diikuti pelaku UMKM yang bergerak di bidang fesyen, kuliner, hingga kerajinan

dok.istimewa
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) DIY menggelar pelatihan foto produk bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam SiBakul Jogja 19-20 September 2022. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) DIY menggelar pelatihan bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam SiBakul Jogja. 

Pelatihan bertajuk Peningkatan Pemasaran Melalui Foto Produk tersebut diikuti pelaku UMKM yang bergerak di bidang fesyen, kuliner, hingga kerajinan tangan. 

Sekretaris Dinkop UKM DIY, Setyo Hastuti, menuturkan saat ini ada sekitar 341ribu UMKM yang sudah tercatat sebagai anggota SiBakul Jogja.

SiBakul Jogja merupakan sebuah sistem informasi pembinaan dan pemantauan yang dikembangkan oleh Dinkop UKM DIY. 

"Pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendorong UMKM masuk ke Pasar Digital," katanya, Rabu (21/09/2022). 

Pelatihan digitalisasi dirasa penting, apalagi pasca diterpa pandemi COVID-19. Mau tidak mau pelaku UMKM harus bermigrasi ke Pasar Digital agar bisa bertahan. 

“Terus terang saja, semenjak COVID-19 ini, UMKM terpaksa berlatih untuk online. Ternyata, tidak semua UMKM mampu untuk menunjukkan kemampuan produknya. Kami sedang mendorong UMKM untuk dapat bersaing di pasar yang lebih luas,"lanjutnya. 

Pada kegiatan yang dilaksanakan 19-20 September 2022 lalu, Dinkop UKM DIY menggandeng Travelxism.

Berbagai materi diberikan, salah satunya teori dasar foto produk. Peserta diajak untuk memperkuat brand identity dan bagaimana menafsirkannya menjadi sebuah foto produk. 

Selain itu, peserta juga mendapat teori dasar fotografi serta cara memanfaatkan alat-alat sederhana untuk menghasilkan foto produk yang memikat. (*) 
 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved