Bank BPD DIY Dukung Pemberdayaan BUMKal di Gunungkidul

Pelatihan yang digelar di Balai Kalurahan Candirejo tersebut dibuka oleh Kepala DPMKP2KB Gunungkidul  Sujarwo.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
Bank BPD DIY Dukung Pemberdayaan BUMKal di Gunungkidul 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL  - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKP2KB) Kabupaten Gunungkidul menggelar pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) se-Kapanewon Semin pada 20-21 September 2022.

Pelatihan ini untuk mendorong BUMKal mampu meraih pendapatan asli desa (PADes).

Pelatihan yang digelar di Balai Kalurahan Candirejo tersebut dibuka oleh Kepala DPMKP2KB Gunungkidul  Sujarwo.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan materi pelatihan mengenai strategi pengembangan BUMKal dalam meraih PADes, manajemen pengelolaan BUMKal, penggalian dan pengembangan potensi ekonomi lokal, serta peran BUMKal dalam pengembangan UMKM, pengelolaan wisata, dan kemudahan investasi.

Bank BPD DIY Cabang Wonosari turut hadir untuk mengajak BUMKal sebagai Bank BPD DIY Agen.

Pemimpin Bank BPD DIY Cabang Wonosari, Andryanto mengatakan, Bank BPD DIY Agen bermanfaat menghadirkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya yang sederhana dan mudah dipahami serta mendekatkan kepada masyarakat yang belum terjangkau layanan keuangan.

“Adanya Bank BPD DIY Agen dapat mendukung pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pembangunan antar wilayah,” kata Andryanto, Rabu (21/9/2022).

Dengan menjadi agen, BUMKal menurutnya dapat memperoleh pendapatan dari setiap transaksi yang dilakukan. Adapun fasilitas yang dapat dilayani oleh Bank BPD DIY Agen yaitu pembayaran PBB, PDAM, tiket kereta api, pajak daerah, BPJS, dan telepon.

Untuk fasilitas lain yaitu pembukaan rekening tabungan, setor dan tarik tunai, serta transferBUMKal asal Kalurahan Candirejo, Nawachitra, telah menjadi Bank BPD DIY Agen dan merasakan manfaatnya.

Menurut Dinar Kameswara, Ketua BUMKal Nawachitra, kemudahan akses pembayaran PBB melalui Bank BPD DIY Agen cukup membantu masyarakat sekitar dalam melakukan pembayaran PBB. Dengan didukung oleh Pemerintah Kalurahan Candirejo, pembayaran PBB di lima padukuhan dilakukan melalui BUMKal Nawachitra.

“Selain membantu melayani masyarakat, sebagai Bank BPD DIY Agen, BUMKal Nawachitra mendapatkan pendapatan,” katanya. (rls/ord)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved