Berita Klaten Hari Ini

Pembuatan Sumur Bor di Desa-desa Jadi Solusi Atasi kekeringan di Klaten, Ini Kata Bupati Sri Mulyani

Pemkab Klaten telah meminta kepala desa yang daerahnya sering mengalami kekeringan untuk melakukan pendataan.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM / ALMURFI SYOFYAN
Bupati Klaten, Sri Mulyani saat ditemui di Desa Bengking, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Selasa (20/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pembuatan sumur bor bagi desa-desa yang rentan mengalami krisis air saat musim kemarau di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menjadi solusi.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan jika pihaknya telah meminta kepala desa yang daerahnya sering mengalami kekeringan untuk melakukan pendataan.

"Solusinya bagi daerah yang ada sumber airnya dan bisa dibuat sumur bor akan dibantu pembuatannya lewat bantuan keuangan khusus (BKK)," ujarnya, Selasa (20/9/2022).

Ia mengatakan, satu desa di wilayah Kecamatan Kemalang telah dibuatkan sumur bor untuk membantu mengatasi kekeringan dan sejauh ini sumur itu mampu mengatasi kekeringan saat kemarau.

"Satu desa kemarin yakni Kendalsari, Kecamatan Kemalang saya bantu hampir Rp 300 juta untuk membuat sumur," ucapnya.

Untuk wilayah lainnya, lanjut Sri Mulyani juga sama, akan beri BKK untuk buat sumur bor tapi desa yang dibantu benar-benar memiliki potensi sumber mata air dan langganan kekeringan.

"Kemarau tahun ini selalu dibarengi dengan hujan, tapi memang ada beberapa desa yang sudah mengalami kekeringan seperti di Kecamatan Kemalang dan lainnya, Pemerintah Kabupaten dalam hal ini BPBD selalu menganggarkan setiap tahun untuk bantuan air bersih," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved