Breaking News:

Berita Purworejo

Ini Alasan Warga Tolak Regrouping SDN Gesikan di Purworejo

Kebijakan penggabungan sekolah atau regrouping yang dilakukan Pemkab Purworejo mendapat penolakan dari warga Desa Gesikan, Kecamatan Kemiri

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Dewi Rukmini
SDN Gesikan di Desa Gesikan, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Kebijakan penggabungan sekolah atau regrouping yang dilakukan Pemkab Purworejo mendapat penolakan dari warga Desa Gesikan, Kecamatan Kemiri, Purworejo, Jawa Tengah. 

Kepala Desa Gesikan, Suryono, mengaku penolakan regrouping SDN Gesikan didasari oleh jumlah murid yang telah berada di atas batas minimum. 

Sekadar informasi, proses regrouping SD di Kabupaten Purworejo akan diterapkan kepada sekolah yang memiliki jumlah murid di bawah 60 siswa. 

Baca juga: Kandidat Pelatih Baru PSIM Yogyakarta Mengerucut ke Erwan Hendarwanto

"Alasannya, karena dalam sosialisasi dan di lapangan tidak sama. Di sosialisasi bilang, yang kena regrouping itu SD dengan murid kurang dari 60 siswa berturut-turut selama 3 tahun. Artinya, dari mulai sosialisasi pertama sampai 3 tahun ke depan, SD yang muridnya kurang dari 60 siswa baru bisa dilakukan pengabungan," ungkap Suryono kepada Tribunjogja.com. 

Ia menambahkan, murid SDN Gesikan pada awal sosialisasi (sekitar 2020) memang berjumlah 59 siswa.

Akan tetapi, pada 2022 jumlah murid di SDN Gesikan menunjukkan kenaikan hingga 66 siswa.

Oleh karena itu, ia merasa SDN Gesikan masih aman dari ancaman regrouping

"Sosialisasi awal pada 2020, murid di SDN Gesikan berjumlah 59 siswa. Akan tetapi, jumlah tersebut terus naik menjadi 66 siswa hingga 2022," lanjutnya.

Namun, takdir berkata lain. Pemkab Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) tetap memasukkan SDN Gesikan dalam daftar sekolah yang akan digabung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved