Berita Jogja Hari Ini

Ikuti Indonesia Frankfurt Festival, Potensi Order Produk DIY Capai Rp 2,3 Miliar

Pemda DIY berpartisipasi dalam gelaran Indonesia Frankfurt Festival (IFF) 2022 pada 16-18 September 2022 di KJRI Frankfurt, Jerman.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY berpartisipasi dalam gelaran Indonesia Frankfurt Festival (IFF) 2022 pada 16-18 September 2022 di KJRI Frankfurt, Jerman.

Perhelatan ini merupakan festival Indonesia pertama di Frankfurt yang ditujukan untuk mempromosikan sektor  kebudayaan, perdagangan, investasi, pariwisata, dan pendidikan di daerah.

Festival yang berlangsung tiga hari ini mencatatkan potensi order produk Indonesia mencapai Rp 12 miliar.

Baca juga: WHO Beri Sinyal Akhir Pandemi di Depan Mata, Epidemiolog UGM: Covid-19 Bukan Lagi Ancaman

Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY, Agus Priono menuturkan, capaian tersebut didapatkan melalui business forum yang terdiri dari forum investasi dan perdagangan.

“Mereka juga sudah mencari sumber dari Indonesia seperti dari serbuk gergajian kayu dan serbuk bambu dimana total potensi ordenya mencapai Euro 800.000 atau sekitar Rp 12 miliar nilai transaksinya,” ujarnya, Selasa (20/9/2022).

Agus menyebut IFF menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan produk kualitas tinggi dari Yogya.

DIY sendiri memiliki potensi produk berupa home decoration, furniture, handicraft hingga kompor briket atau arang yang turut dibawa ke perhelatan tersebut.

"Dari sisi retail dan transaksi yang ada, totalnya sekitar Euro 4.380 atau sekitar Rp 65 juta. Sedangkan nilai order jumlahnya mencapai Euro 156.500 atau sekitar Rp2,3 miliar,” terang Agus.

"Pada bidang investasi, kami menawarkan program investasi untuk mengatasi sampah di TPA Piyungan, demikian halnya pada wilayah sekitar YIA (bandara), dan juga pengembangan fasilitas pariwisata di wilayah Bokoharjo, Prambanan, Sleman,” sambungnya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan, di bidang pariwisata, terdapat tiga pokok kegiatan yang telah dilakukan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved