Berita Klaten Hari Ini

DKPP Klaten Sosialisasikan Pentingnya Registrasi Bagi Keamanan Pangan

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai mensosialisasikan pentingnya registrasi keamanan pangan

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Kepala DKPP Klaten, Widiyanti 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai mensosialisasikan pentingnya registrasi keamanan pangan bagi sejumlah usaha penggilingan.

Pasalnya, dengan adanya registrasi akan dapat memberikan jaminan dan perlindungan peredaran produk pangan segar yang memenuhi persyaratan.

Kepala DKPP Klaten, Widiyanti mengatakan pangan segar asal tumbuhan (PSAT) saat ini perlu mendapatkan sertifikasi untuk memenuhi persyaratan keamanan serta mutu.

Baca juga: AC MILAN Belum Selesai dengan Rafael Leao, Chelsea Masih Berminat?

"Jadi saat ini semua pangan segar asal tumbuhan yang dikemas harus ada nomor registrasinya kalau yang tidak dikemas ya nggak perlu," ucapnya saat TribunJogja.com temui di kantornya, Selasa (20/9/2022).

Ia mencontohkan beberapa tanaman seperti padi, cabai dan tanaman lainnya kalau dijual dalam kemasan harus dilakukan registrasi terlebih dahulu.

Tujuannya untuk memberikan jaminan kualitas kalau pangan ini memang baik dan sumbernya sudah jelas.

"Kalau di Klaten ada beberapa yang sudah dikemas sekitar 80 pedagang yang melakukan registrasi dan menjual. Ini kita terus kembangkan dan dorong agar lebih banyak lagi," imbuh dia.

Baca juga: Arti Melihat Angka Jam 14:40, 14:41, 14:44, 13:31, 13:33, Hoki dan Keberuntungan Siap Digapai Anda

Sementara itu, Sekretaris DKPP Klaten, Mursita pihaknya juga sudah mengundang dan melakukan sosialisasi kepada 15 usaha penggilingan beras untuk perlu melakukan registrasi jika hasil beras yang digiling bakal dikemas.

"Bahan pangan harus berizin dan semoga penggilingan beras itu memperhatikan keamanan pangannya tidak diberikan pemutih atau lainnya, hari ini ada 15 owner yang kita undang untuk sosialisasi," ucap dia. 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved