Berita Jogja Hari Ini

Kurangi Bau Sampah, TPA Piyungan Disemprot 30 Ribu Liter Cairan Eco Enzyme

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY melakukan aksi penyemprotan cairan Eco-enzyme di TPA Piyungan , Bantul pada

istimewa
Giat penyemprotan cairan Eco-enzym di TPA Regional Piyungan, Sabtu (17/9/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY melakukan aksi penyemprotan cairan Eco-enzyme di TPA Piyungan , Bantul pada Sabtu 17 September 2022 lalu.

Kegiatan dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi bau sampah di TPA yang menjadi tumpuan tiga wilayah meliputi Kabupaten Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta.

Kepala DLHK DIY, Kuncoro Cahyo Aji menjelaskan, penyemprotan dilaksanakan dengan melibatkan berbagai unsur.

Baca juga: Preventif Kekerasan Seksual di Kampus, UKMF FIS UNY Gelar Webinar Nasional Bertema Edukasi Seks

Mulai dari DLHK DIY, PMI Kabupaten Bantul, PMI DIY, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul,  Polres Bantul, Tagana Kabupaten Bantul, Sultan Agung Rescue,  dan Relawan Eco-enzym Bantul.

"Kegiatan ini merupakan aksi pertama yang dilakukan di TPA Piyungan, kami ucapkan terima kasih atas peran partisipasi PMI bersama masyarakat dalam kegiatan penyemprotan eco enzym di TPA Piyungan. Karena memang persoalan bau sampah di TPA Piyungan menjadi perhatian yang harus segera dilakukan tindakan," katanya.

Penyemprotan 30.000 liter cairan eco-enzyme di TPA Piyungan ini baru dilakukan untuk kali pertama. 

Dalam giat penyemprotan tersebut, pihak Polres Kabupaten Bantul melalui kendaraan Water Canon juga ikut berpartisipasi dalam penyemprotan eco-enzyme. 

Staf Ahli Bupati Bantul sekaligus Dewan Kehormatan PMI Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, cairan eco-enzyme dinilai efektif untuk mengurangi bau sampah.

Jika dampaknya memuaskan, maka giat penyemprotan bakal terus dianggarkan sebagai bentuk solusi pengurangan bau sampah.

Baca juga: Sebanyak 128 KK di Gedangsari Terima Bantuan Stimulan Jamban dari Pemkab Gunungkidul

“Harapannya dengan dilakukan spraying ini dapat menjadi solusi permanen untuk mengatasi bau menyengat dari sampah sehingga masyarakat yang hidup berdampingan dengan TPA Piyungan tidak mencium bau sampah lagi," katanya.

Tidak hanya melakukan penyemprotan di lahan TPA Piyungan, Kepala DLHK DIY beserta Gung Endah selaku Ketua Relawan Eco-enzyme Bantul juga ikut menuangkan cairan eco-enzyme ke dalam bak penampungan air lindi di kawasan TPA Piyungan.

“Harapan saya, semoga kedepannya bau di TPA Piyungan bisa hilang dan kedepannya aksi penyemprotan ini bisa berjalan rutin”, ujar Gung Endah. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved