Kesehatan

Diabetes Mellitus (DM) : Ciri-ciri Kadar Gula Darah Tinggi yang Wajib Diwaspadai

Tidak sedikit penderita diabetes tidak menyadari ketika gula darah tinggi. banyak tanda gula darah tinggi yang membuat penderitanya tidak nyaman

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
diabetes.co.uk
Ilustrasi kadar gula dalam darah - Beberapa olahraga bermanfaat mengelola kadar gula darah dan tingkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes 

TRIBUNJOGJA.COM - Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah bisa mengarah pada komplikasi seperti penyakit jantung, stroke dan saraf. Bagaimana cara mencegah agar tidak mengalami penyakit tersebut, mengontrol kadar gula darah termasuk satu di antaranya. 

Namun, sebelum melakukan itu, mengetahui ciri gula darah tinggi tentu merupakan keharusan. Bila sudah tahu ciri-cirinya, tindakan lanjut pencegahan dan pengobatan akan lebih mudah.

Dengan kata lain, memahami ciri-ciri gula darah tinggi bisa membangun kesadaran agar lebih waspada terhadap komplikasi penyakit diabetes.

Berapa ukuran kadar gula darah disebut tinggi? Melansir Everyday Health, American Diabetes Association (ADA) mencatat seseorang dianggap memiliki kadar gula darah tinggi apabila:

- Gula darah puasa atau sebelum makan: di atas atau sebesar 126 mg/dL

- Gula darah dua jam setelah makan: di atas atau sebesar 200 mg/dL

- Hemoglobin A1C (HbA1C): di atas atau sebesar 6,5

Tidak sedikit penderita diabetes menceritakan bahwa tidak menyadari ketika gula darah tinggi. Walau demikian, kenyataannya banyak tanda gula darah tinggi yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Nah, berikut ciri-ciri gula darah tinggi dilansir dari Self via kompas.com:

1. Luka susah sembuh

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved