Asap Pekat Picu Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan-Pemalang, Ini Respon Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo mengaku telah meminta bupati dan wali kota yang daerahnya dilalui oleh jalan tol untuk memberikan edukasi ke warganya

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM / ALMURFI SYOFYAN
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat TribunJogja.com temui usai meluncurkan desa bebas narkoba di Klaten, Senin (19/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Peristiwa nahas kecelakaan beruntun terjadi di kilometer 253 Tol Pejagan-Pemalang pada Minggu (18/9/2022) siang kemarin.

Peristiwa kecelakaan berupa tabrakan beruntun itu diduga terjadi karena adanya pembakaran rumput di pinggir jalan Tol Pejagan-Pemalang sehingga asap pembakaran menghalangi jarak pandang pengendara yang melintas.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku telah meminta bupati dan wali kota yang daerahnya dilalui oleh jalan tol untuk memberikan edukasi ke warganya.

"Iya tadi saya sudah komunikasi dengan teman-teman, Bupati Walikota yang daerahnya dilewati tol, hentikan, dekati warga untuk tidak boleh membakar jerami atau sejenisnya," ujar Ganjar Pranowo saat TribunJogja.com temui usai membuka acara desa bersih narkoba di sebuah hotel di Jalan Pemuda, Klaten, Senin (19/9/2022).

Diakui Ganjar Pranowo, kecelakaan beruntun yang melibatkan 13 kendaraan di ruas Tol Pejagan-Pemalang pada Minggu (13/9/2022) itu dipicu karena terhalangnya jarak pandang akibat asap.

"Karena (asap) ini jadi persoalan saya sudah dapat WA-nya, maka tadi langsung koordinasi, hari ini saya minta Dishub kami untuk turun, kerjasama dengan pengelola tol dan kepolisian agar ngecek titik-titiknya di mana," ulasnya.

Menurut orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah itu, pihaknya mendorong agar petani yang telah selesai panen tanaman padi miliknya untuk tidak membakar jerami apalagi kalau berada di dekat jalan tol.

"Kalai perlu hasil panen mulai selesai, maksud saya sekarang tanahnya mau diolah kan biasanya secara tradisional dibakar nah ini bisa di cek dan mungkin kita butuh drone juga untuk ngecek. Sehingga kita tahu titik apinya dimana, hentikan dan edukasi masyarakat. Artinya jangan dibakar," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 13 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di kilometer 253 Tol Pejagan-Pemalang, Minggu (18/9/2022).

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, menuturkan kecelakaan beruntun terjadi pada pukul 14.00 WIB.

Kejadian berada di ruas Jalan tol Pejagan-Pemalang km 253 A yang masuk wilayah Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Penyebab kecelakaan beruntun akibat asap tebal karena ada pembakaran rumput di pinggir jalan tol.

"Ada pembakaran rumput yang membuat jalan gelap dan mengakibatkan kecelakaan beruntun," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved