PKS Sebut Ide Megawati Bagus, Namun Ada Tapinya, Dan Perludem Sebut Semua Parpol Diperlakuan Sama

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengusulkan agar penomoran partai pada Pemilu 2024 tidak perlu diganti.

Editor: ribut raharjo
Kompas.com
Mardani Ali Sera 

TRIBUNJOGJA.COM - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengusulkan agar penomoran partai pada Pemilu 2024 tidak perlu diganti.

Megawati mengatakan, penomoran partai hendaknya menggunakan nomor pada Pemilu sebelumnya.

"Jadi dari pihak PDIP, kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali, tapi pengalaman dua kali pemilu sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomor itu sebenarnya saya katakan kepada Bapak Presiden dan Ketua KPU dan Bawaslu bahwa itu terlalu menjadi beban pagi partai,” kata Megawati.

Ia menilai, hal tersebut akan menghemat alat peraga yang digunakan partai pada Pemilu 2024.

Sebab, menurutnya, jika nomor partai diganti, akan berakibat pada banyaknya kebutuhan alat peraga.

"Karena secara teknis itu kan harus ganti lagi dengan bendera atau alat peraga yang begitu banyak sehingga bagi kami itulah yang saya sampaikan,” ujar Megawati.

Megawati menyarankan agar partai yang baru mengikuti Pemilu 2024-lah yang mengambil nomor urut.

“Yang belum tertarik nomor itu, silakan dari partai-partai yang akan masuk dan sedang diverifikasi. Sehingga, dengan demikian suatu saat ke depannya nomor itu dipegang terus," katanya.

"Sehingga, tentunya dari sisi pendidikan pembelajaran kepada rakyat, rakyat itu kan nantinya sudah pasti bertanya-tanya,” ujar Megawati melanjutkan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai usul agar nomor urut partai politik tidak diubah dalam setiap pemilihan umum merupakan ide yang bagus.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved