Berita Pendidikan Hari Ini

Ikageo ITNY Diharapkan Jadi Ujung Tombak Kemajuan Kampus

Ikatan alumni dapat membuka jalan alumni yang lain untuk bergabung dalam dunia kerja atau profesional serta ajang silaturahmi.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Ikatan Alumni Geologi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (Ikageo ITNY) saat mengunjungi kawasan Gunung Mujil, Kulon Progo, dalam rangkaian kegiatan Fun Trip, Minggu (18/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Peran alumni bukan hanya penting dalam mewujudkan visi dan misi suatu perguruan tinggi, khususnya kegiatan akreditasi.

Lebih dari itu, Wakil Rektor III Institut Teknologi Nasional Yogyakarta ( ITNY ), Dr. Hill Gendoet Hartono, S.T., M.T, mengatakan bahwa ikatan alumni merupakan ujung tombak dari kemajuan kampusnya, di samping membuka jalan alumni yang lain untuk bergabung dalam dunia kerja atau profesional serta ajang silaturahmi.

Hal tersebut dipaparkan Hill, di sela kegiatan Fun Trip yang dilaksanakan Ikatan Alumni Geologi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta ( Ikageo ITNY ) di Yogyakarta, 16-18 September 2022.

"Alumni merupakan bagian dari kelengkapan kampus, sehingga melalui kegiatan ini bisa turut memberikan masukan atau saran yang dibutuhkan kampus," ujar Hill.

Baca juga: Dr. Hill Gendoet Ajak Maba ITNY Cepat Beradaptasi dengan Lingkungan Kampus

"Alumni juga bagian dari promosi kami ( ITNY ), representasi di mata masyarakat. Sebab, banyak dari alumni kami yang sudah bekerja entah di BUMN maupun perusahaan minyak atau batubara di Indonesia," tambahnya.

Di samping itu, lanjut Hill, ikatan alumni turut berkontribusi dan berkolaborasi dengan universitas dalam program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM).

Para alumni yang memiliki perusahaan, misalnya, dapat memberikan kesempatan kepada para adiknya di ITNY untuk menggali pengalaman di perusahaannya.

"Jadi harapan kami, ke depan para alumni yang tergabung di Ikageo ITNY menjadi ujung tombak perkembangan kampus," harap Hill.

Sementara itu, Ketua Umum Ikageo ITNY, Agus Suyono,S.T.,MMT mengatakan bahwa melalui kegiatan 'Fun Trip' ini dapat lebih merekatkan silaturahmi keluarga besar Ikageo ITNY lintas alumni.

Adapun sejumlah tempat yang disambagi para peserta dalam kegiatan ini merupakan objek-objek fenomena geologi yang ada di wilayah DIY, dari Lava Bantal, Gunung Api Purba Nglanggeran, Tebing Breksi, serta Gunung Mujil.

"Melalui Fun Trip ini, teman-teman antusias mengenang kembali memori semasa menimba ilmu di bangku perkuliahan dulu," ujar Agus.

"Di samping mempererat silaturahmi, ini juga menjadi wadah sharing alumni kepada adik-adik mahasiswa dan kampus ITNY. Jadi harapan Ikageo ITNY , kegiatan ini bisa terus menerus berjalan dan diikuti lebih banyak alumni. Mempererat silaturahmi, membawa keberkahan untuk semuanya," tambah dia.

Selain Fun Trip, Ikageo ITNY sebelumnya juga telah menggelar sejumlah kegiatan.

Satu di antaranya ialah mendukung percepatan capaian vaksinasi booster, memfasilitasi mahasiswa ITNY dan mahasiswa serta masyarakat di sekitar Yogyakarta, April 2022 lalu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved