Admin Grup WhatsApp Kini Bisa Hapus Pesan Anggota Lewat Fitur Baru 'Admin Delete'

Aplikasi berkirim pesan WhatsApp (WA) kini menambah fitur baru. Fitur baru yang dikeluarkan WhatsApp ini bernama "Admin Delete".

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Istimewa
Fitur baru WhatsApp 

Tribunjogja.com - Aplikasi berkirim pesan WhatsApp (WA) kini menambah fitur baru. Fitur baru yang dikeluarkan WhatsApp ini bernama "Admin Delete".

Fitur ini memudahkan admin WA untuk menghapus pesan dari anggota grup WhatsApp

Fitur bernama "Admin Delete" ini diuji coba pada awal Agustus lalu. Kehadiran fitur Admin Delete ini diklaim dapat membantu admin mengelola dan memoderasi obrolan dalam grup WhatsApp.

WhatsApp Web
WhatsApp Web (IST)

Pantauan KompasTekno, Jumat (16/9/2022), fitur Admin Delete sudah tersedia dan bisa digunakan. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna WhatsApp harus berperan sebagai admin dalam sebuah grup.

Baca juga: Cara Ampuh Mengamankan WhatsApp dari Hacker Agar Tidak Mudah Diretas

Selanjutnya, untuk menghapus pesan dari anggota grup lain, admin dapat menekan dan menahan balon chat yang ingin dihapus.

Klik ikon "tempat sampah" yang ada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp. Nantinya akan muncul tiga pilihan. Tiga pilihan ini serupa dengan opsi yang muncul saat kita ingin menghapus pesan yang kita kirim kepada orang lain.

Notifikasi yang muncul saat admin grup menghapus chat yang dikirim anggota grup.
Notifikasi yang muncul saat admin grup menghapus chat yang dikirim anggota grup. (KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama)

Untuk menghapus pesan anggota dari grup, pilih opsi "Delete of Everyone/Hapus untuk semua orang". Sebelum menghapus pesan, WhatsApp akan menampilkan pop-up yang menginformasikan bahwa seluruh anggota grup WhatsApp akan bisa melihat nama admin yang menghapus chat tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa pesan yang sudah dihapus tidak lagi bisa dilihat di ruang obrolan grup WhatsApp.

 "This message was deleted by admin (nama admin)" atau dalam bahasa Indonesia "Pesan ini dihapus oleh admin (nama admin)" seperti gambar di bawah ini.  

Sebaliknya, admin yang menghapus chat akan menerima notifikasi sebagai berikut: "You deleted this message as admin" atau "Anda menghapus pesan ini sebagai admin".(*)

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved