Berita Sleman Hari Ini

Bupati Sleman Buka Festival Teater 2022

Festival Teater tingkat Kabupaten Sleman ini digelar selama dua hari, yaitu tanggal 17-18 September 2022.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Pemkab Sleman
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat membuka Festival Teater tingkat Kabupaten Sleman tahun 2022 di Gedung Kesenian Sleman, Sabtu (17/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bupati Slema n, Kustini Sri Purnomo secara resmi membuka Festival Teater tingkat Kabupaten Sleman tahun 2022.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Gedung Kesenian Sleman , pada Sabtu (17/9/2022).

Festival yang diikuti perwakilan kelompok teater dari 17 Kapanewon di Bumi Sembada ini mengusung tema "Ruwat Bumi".

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman , Edy Winarya menyampaikan, Festival Teater ini merupakan program Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman yang didukung penuh oleh Dana Keistimewaan.

Baca juga: SMI Hidupkan Kembali Teater Suluh, Angkat Film Pendek Bertemakan Hak Asasi Manusia

Tujuan diselenggarakannya Festival ini untuk melestarikan, mengembangkan, sekaligus sebagai media pembinaan bagi seni teater berikut para seniman. 

"Harapan kami dengan digelarnya Festival Teater tingkat Kabupaten Sleman ini bisa menjadi bingkai kearifan lokal seni budaya dalam rangka mendukung Jogja Istimewa di Sleman," kata dia. 

Festival Teater ini merupakan komitmen Pemkab Sleman melalui Dinas Kebudayaan Sleman berkolaborasi dengan Paniradya Pati Kaistimewaan untuk melestarikan seni teater DIY khususnya di Bumi Sembada.

Melalui Festival Teater ini diharapkan dapat menjadi alternatif media diseminasi informasi kepada masyarakat sehingga pesan moral dapat tersampaikan dan diterima dengan baik.

Dalam pelaksanaannya, Festival Teater tingkat Kabupaten Sleman ini digelar selama dua hari, yaitu tanggal 17-18 September 2022.

Baca juga: Dexa Hachika Jatuh Cinta Pada Seni Peran, Tekuni Teater Hingga Pentas di Jepang

Para peserta yang tampil, nantinya akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari seniman, akademisi, hingga praktisi.

Sementara itu, Bupati Sleman , Kustini Sri Purnomo mengapresiasi serta menyambut baik digelarnya Festival Teater ini.

Menurut dia, seni teater merupakan seni yang dapat mengilustrasikan kisah situasi di masyarakat yang dikemas menjadi pertunjukan menghibur dan sarat nilai-nilai kehidupan.

"Harapan saya Festival ini menjadi ajang silaturahmi dan ruang apresiasi bagi seluruh seniman teater di DIY khususnya Kabupaten Sleman ," ujar Kustini.( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved