Berita Magelang Hari Ini

Banyak Komoditas Unggulan Pertanian, Petani di Magelang Didorong Jajaki Pasar Ekspor

Kegiatan tersebut diikuti para petani di Kabupaten Magelang baik yang sudah berkecimpung di dunia ekspor maupun yang belum.

Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting
Pelaksanaan Bimtek terkait akselerasi pasar ekspor untuk produk pertanian, di Wisma Sejahtera Kota Magelang pada Jumat (16/09/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM , MAGELANG - Potensi hasil pertanian di Kabupaten Magelang sangat berlimpah.

Bahkan, beberapa komoditas menjadi produk unggulan secara nasional.

Melihat kapasitas ini, membuat Vita Ervina Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP-Perjuangan Dapil Jawa Tengah (Jateng) bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jateng, dan Pemerintah Kabupaten Magelang untuk melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) terkait Akselerasi Ekspor Produk Pertanian, di Wisma Sejahtera Kota Magelang pada Jumat (16/09/2022).

Adapun kegiatan tersebut diikuti para petani di Kabupaten Magelang baik yang sudah berkecimpung di dunia ekspor maupun yang belum.

Vita Ervina, Anggota Komisi IV DPR RI Fralsi PDIP-Perjuangan Dapil Jawa Tengah (Jateng) mengatakan sektor pertanian di Kabupaten Magelamg menjadi sektor unggulan utama penopang perekonomian masyarakat.

Berbagai macam komoditas seperti  kentang, salak, kelengkeng, durian, cabai, kopi, beras organik, dan masih  banyak lagi .

"Sehingga, sangat diperlukan pemahaman di tingkat petani bahwa hasil pertanian mereka belum  semuanya memiliki mutu yang baik, bahkan untuk bersaing di dalam  negeri pun seringkali kalah dengan produk-produk dari luar daerah,"ujarnya usai kegiatan Bimtek, pada Jumat (16/09/2022).

Untuk mengoptimalkan itu, pihaknya bersama Kementeriam Pertanian RI membuat program grand design pertanian serta peran dan sinergitas antar eselon I sebagai peta jalan untuk mendorong ekspor produk pertanian di  Indonesia. 

Grand Design tersebut memuat tujuan jangka panjang untuk  meningkatkan pendapatan petani secara luas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved