Pilpres 2024

Siapa Calon Presiden yang Diusung Partai Demokrat di Pilpres 2024?

Partai Demokrat akan menentukan calon presiden yang diusungnya di Pilpres 2024 dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas)

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com/Fika Nurul Ulya
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membuka Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Partai Demokrat akan menentukan calon presiden yang diusungnya di Pilpres 2024 dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) yang digelar selama dua hari di JCC Senayan, Jakarta.

Rapimnas ini dilaksanakan mulai Kamis (15/9/2022) hingga Jumat (16/9/2022) esok hari.

Rampimnas Partai Demokrat dibuka langsung oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono.

"Bismillahirrahmanirrahim, Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2022 saya nyatakan dibuka," kata Agus Harimurti Yudhoyono saat membuka Rapimnas, Kamis.

Sebelum resmi membuka Rapimnas Partai Demokrat, AHY menyempatkan diri untuk mengabsen perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia, mulai dari Indonesia bagian barat, yakni Aceh, hingga bagian timur, Papua.

Tak hanya dihadiri oleh perwakilan pengurus dari daerah, dalam Rapimnas ini juga mengundang Majelis Tinggi Partai (MTP), Dewan Pertimbangan Partai Demokrat, hingga Mahkamah Partai.

Lalu, pihaknya mengundang Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), ketua Dewan Pimpinan Daerah, serta ketua Dewan Pimpinan Cabang dari 514 kabupaten/kota.

"Persentase kehadiran 98 persen, baik peserta rapimnas dan Peninjau. Dan rapimnas hari ini dinyatakan kuorum dan dinyatakan sesuai ketentuan AD/ART Partai Demokrat," beber dia.

Baca juga: Pilpres 2024: Jubir Demokrat Ungkap Betapa Cocoknya AHY dan Anies Bila Maju Capres-cawapres

Adapun Rapimnas Partai Demokrat yang diselenggarakan selama 2 hari ini salah satunya memiliki agenda menentukan nama calon presiden yang bakal diusung partai.

Diketahui, saat ini, Partai Demokrat belum membentuk koalisi meski berulang kali mengeklaim tengah menjalin komunikasi intens dengan Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Partai berlambang mercy itu harus bekerja sama dengan parpol lain jika ingin mengusung capres-cawapres pada Pemilu 2024.

Sebab, Partai Demokrat tidak memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) yakni memiliki 20 persen kursi di Parlemen atau 25 persen suara sah nasional.

Berdasarkan hasil Pemilu 2019, Partai Demokrat berada di peringkat ke enam dengan 10,8 juta suara atau 7,77 persen dari total suara sah nasional dan memperoleh 54 kursi DPR RI.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved