Sekaten 2022

Jadwal Pentas Kesenian Pasar Malam Sekaten, Ada Kethoprak Blaka Suta Hingga Cak Dikin

Meski secara resmi baru dibuka pada 18 September, kegiatan pentas kesenian di arena Pasar Malam Sekaten sudah dimulai sejak Jumat (16/9/2022) sore.

Penulis: Hendy Kurniawan | Editor: Hari Susmayanti
DOK. Panitia Sekaten Jogja 2022
143 Pengisi Acara Siap Meriahkan Panggung Kesenian Sekaten Jogja 2022 di Lahan Eks Kampus STIEKERS. Foto poster acara Sekaten Jogja 2022. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pasar Rakyat Jogja Gumregah atau Pasar Malam Sekaten Jogja secara resmi akan dibuka oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas pada Minggu (18/9/2022).

Pembukaan Pasar Malam Sekaten akan ditandai dengan pemotongan pita dan tumpeng oleh Permaisuri Raja Keraton Yogyakarta.

Meski secara resmi baru dibuka pada 18 September, kegiatan pentas kesenian di arena Pasar Malam Sekaten sudah dimulai sejak Jumat (16/9/2022) sore.

Panitia akan melaksanakan soft launcing Pasar Rakyat Jogja Gumregah atau Pasar Malam Sekaten Jogja pada Jumat sore.

Di hari pertama pelaksanaan Pasar Malam Sekaten, panitia akan menyuguhkan pentas musik dengan bintang tamu grup musik Kopi Koes Plus.

" Tanggal 16 sudah soft launcing. Untuk pentas keseniannya ada pentas musik Kopi Koes Plus mulai jam 20.00 WIB,"kata koordinator kesenian Pasar Rakyat Jogja Gumregah Nano Asmorodono saat dihubungi Tribunjogja.com, Kamis (15/9/2022).

Nano menjelaskan, untuk hari kedua atau Sabtu (17/9/2022), pentas kesenian di Pasar Malam Sekaten akan menampilkan pentas tari anak-anak yang direncanakan digelar sekitar pukul 17.00 WIB.

Kemudian pada malam harinya, akan dipentaskan seni Kethoprak Blokosutho dan tari-tari.

Selanjutnya pada Minggu 18 September, lanjut Nano, akan dilaksanakan pembukaan Pasar Rakyat Jogja Gumregah atau Pasar Malam Sekaten Jogja oleh GKR Hemas.

Upacara pembukaan dimeriahkan kirab bregada rakyat Paku Wojo. Bregada yang berasal dari Wojo Bangunharjo Sewon Bantul ini akan mengawal gunungan bakpia yang dipersembahkan untuk pengunjung pasar rakyat.

Gunungan bakpia merupakan sumbangan dari produsen bakpia Zahra yang selama ini berjualan di teras Malioboro 1.

Malam harinya pengunjung dan pedagang Pasar Rakyat Jogja Gumregah akan dihibur penampilan maestro campursari Cak Dikin diiringi kelompok musik Exstravagongso.

Musisi asal Boyolali ini akan membawakan sedikitnya 10 lagu-lagu hitsnya antara lain Cinta Tak Terpisahkan, Susu Boyolali, Mister Mendem, Tali Kotang dan lain-lain.

Kehadiran Cak Dikin diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat akan kesenian musik campursari. Turut tampil Rika Anggita dan Yanti Lemu.

Baca juga: 143 Pengisi Acara Siap Meriahkan Panggung Kesenian Sekaten Jogja 2022 di Lahan Eks Kampus STIEKERS

Baca juga: Sekaten Pasar Rakyat Jogja Gumregah Akan Dibuka GKR Hemas, Dimeriahkan Cak Dikin, Catat Tanggalnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved