Berita Pendidikan Hari Ini

Gelar Kuliah Perdana, Ini Pesan Rektor Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Tujuan pengadaan kuliah umum pada saat ini adalah untuk menggali masa depan ekonomi Indonesia lebih dalam lagi.

TRIBUNJOGJA.COM / Neti Istimewa Rukmana
Pelaksanaan kuliah perdana Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) di Auditorium IR.H. Pietoyo Sukarbowo ITNY, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar kuliah umum perdana pada Kamis (15/9/2022).

Kuliah yang dilaksanakan di Auditorium IR.H. Pietoyo Sukarbowo ITNY , bertujuan untuk memberikan semangat positif kepada para mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023.

Ketua panitia kuliah perdana mahasiswa baru, Andrea Sumarah Asih, S.T, M.T, mengatakan, khusus tahun ini pihaknya mengangkat tema Merdeka Belajar Menuju Generasi Teknopreneur untuk Indonesia Bangkit.

"Tujuannya agar mahasiswa baru ITNY siap menjadi generasi teknopreneur. Karena, kami mempunyai visi misi teknopreneur in future technology," ucapnya kepada Tribunjogja.com di ruang rektorat ITNY , Kamis (15/9/2022).

Oleh sebab itu, nantinya para mahasiswa dapat meraih bekal berupa wawasan singkat dari kuliah perdana tersebut.

Baca juga: Dr. Hill Gendoet Ajak Maba ITNY Cepat Beradaptasi dengan Lingkungan Kampus

Sehingga, hasilnya, para mahasiswa baru itu akan memahami sistem pendidikan di ITNY yang sesuai dari visi misi ITNY untuk menjadikan mahasiswa mampu berwira usaha di bidang teknologi.

Dalam kesempatan itu, pihaknya telah menghadirkan dua narasumber lulusan ITNY yang kini sukses di bidangnya.

Narasumber tersebut ialah Manajer Pilar Pembangunan Ekonomi dan Sekretariat Tim Koordinasi Nasional Pelaksanaan SDGs  Kementerian PPN/BAPPENAS, Setyo Budiantoro, S.T.,M.A serta Ketua Kalatnas dan Owner & Direktur CV Aneka Teknik Utama, Ir Yunus.

Rektor ITNY, Dr. Ir Ircham, M.T, mengatakan, tujuan pengadaan kuliah umum pada saat ini adalah untuk menggali masa depan ekonomi Indonesia lebih dalam lagi.

"Kalau kuliah perdana kemarin kami cari (narasumber) dari sipil, maka tahun ini kami ingin berbeda. Oleh karena itu kami cari (narasumber) dari mesin," ujarnya.

Selama kuliah umum berlangsung, dua narasumber itu turut memberikan penjelasan tentang teknopreneur hingga transformasi pembangunan berkelanjutan. 

Hadirnya informasi mengenai teknopreneur diharapakan dapat membuat jiwa mahasiswa di ITNY untuk terus berjuang, tidak pernah menyerah, disiplin, bisa melihat peluang, hingga berkolaborasi dengan kemajuan zaman pada saat ini.

Sehingga, Dr. Ir Ircham, berharap nantinya selama proses belajar berlangsung para mahasiswa dapat mempelajari hard skill dan soft skill yang telah disiapkan oleh para pengajar. 

Oleh karena itu, hadirnya narasumber tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan para mahasiswa baru ITNY selama menempuh pendidikan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved