Berita Jogja Hari Ini

Dugaan Pungli di SMKN 2 Yogyakarta, Wakil Ketua DPRD DIY: Klarifikasi Dulu Kejadiannya

Wakil Ketua DPRD DIY , Huda Tri Yudiana angkat bicara soal dugaan pungutan liar atau pungli yang dilakukan Komite SMK Negeri 2 Yogyakarta.

Tribun Jogja/ Yuwantoro Winduajie
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Ketua DPRD DIY , Huda Tri Yudiana angkat bicara soal dugaan pungutan liar atau pungli yang dilakukan Komite SMK Negeri 2 Yogyakarta.

Menurutnya, Disdikpora DIY sebagai OPD yang menaungi perlu segera melakukan pengusutan dan meminta klarifikasi dari pihak sekolah terkait masalah tersebut.

"Klarifikasi dulu kejadiannya seperti apa tidak bisa langsung menjustifikasi terjadi pungli atau tidak. Misalnya ada salah komunikasi kan atau alasan lainnya," terang Huda, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Ombudsman RI DIY dan Disdikpora DIY Kawal Pergub Menuju Yogyakarta Nirpungutan di Sekolah

Jika terbukti ada pelanggaran pihaknya meminta perkara tersebut ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku agar masalahnya terselesaikan secara tuntas.

Begitu pula jika Disdikpora DIY menemukan indikasi pungli di SMA/SMK negeri lainnya.

Terlebih Pemda DIY juga memiliki Perda yang dibuat untuk mengendalikan pungutan yang dilakukan sekolah. Yakni Perda Nomor 10 Tahun 2013 tentang Pedoman Pendanaan Pendidikan.

Baca juga: Harga Cabai di Sleman Masih Tinggi, per Kilogram dibanderol Rp 35-60 Ribu

DPRD DIY juga tengah membahas Pergub DIY sebagai turunan Perda tersebut.

"Saya minta jangan dipolitisasi prioritaskan pada solusi jangan berorientasi pada publikasi dan orientasi. Aturan sudah cukup jelas, kita juga lagi bikin Pergub. Kalau terbukti melanggar sudah diatur langkah standar dinas menangani masalah tersebut," terangnya. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved