Berita Klaten Hari Ini

CPNS Asal Bayat Klaten Kaget Namanya Dicomot Parpol, Akhirnya Lapor ke KPU dan Bawaslu

Pencabutan nama yang masuk dalam anggota partai politik hanya bisa dihapus oleh pengurus pusat partai politik yang bersangkutan

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
Tribunjogja/ Almurfi Syofyan
Kantor KPU Klaten di Jalan Mayor Kusmanto, Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 10 warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengalami pencatutan menjadi anggota partai politik (Parpol).

Nama-nama itu tercatat dalam sistem keanggotaan.

Bukan hanya masyarakat biasa, 10 orang warga Klaten yang dicomot sebagai anggota parpol itu beberapa ada yang bekerja sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan lain sebagainya.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Klaten, Samsul Huda, menjelaskan 10 warga yang melaporkan namanya masuk dalam keanggotaan parpol itu mengetahui setelah dirinya melakukan pengecekan di sipol KPU.

"Ada 10 orang yang melapor ke helpdesk sipol KPU RI, itu sudah kita panggil ke kantor beserta parpolnya, sudah kita klarifikasi dan itu benar bukan anggotanya," ujarnya pada wartawan, Kamis (15/9/2022).

Menurut Samsul, pihaknya melakukan klarifikasi kepada 10 warga dan pihak parpol yang mencomot nama warga untuk jadi anggota partai itu pada Selasa (13/9/2022).

Namun, dari 10 warga Klaten yang melaporkan itu, hanya 7 orang yang hadir pada saat klarifikasi tersebut.

"Parpol yang bersangkutan bersedia mencabut orang itu dari keanggotaan partainya, tapi dari 10 yang lapor itu baru 7 yang hadir," jelasnya.

Ia menjelaskan, pencabutan nama yang masuk dalam anggota partai politik hanya bisa dihapus oleh pengurus pusat partai politik yang bersangkutan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam hal ini hanya bersifat menampung aduan, melakukan klarifikasi dan meneruskan ke KPU RI di Jakarta untuk menyurati parpol terkait.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved