Berita Magelang Hari Ini

Bupati Magelang Lantik Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Magelang

Pelantikan tersebut dilaksanakan melalui zoom meeting dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (15/9/2022).

Dok.Humas Pemkab Magelang
Proses pelantikan pejabat pimpinan tinggi Pratama oleh Bupati Magelang di Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (15/9/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bupati Magelang Zaenal Arifin melantik dan mengambil sumpah jabatan pada lima pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Pelantikan tersebut dilaksanakan melalui zoom meeting dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (15/9/2022).

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tugas yang diembannya harus berdasarkan peraturan yang ada, mulai dari awal masuk sebagai CPNS, PNS hingga memasuki usia pensiun.

"Hari ini saya telah melantik para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Saya yakini proses pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang ini, secara yuridis telah memenuhi norma perundang-undangan yang berlaku, terpilih pejabat yang berkualitas, loyal, kompeten, berkinerja baik dan memiliki tanggung jawab terhadap tugas jabatannya," kata Zaenal.

Adapun lima pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang yang dilantik hari ini antara lain, Bela Pinarsi menjadi Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Wisnu Harjanto menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik.

Kemudian, Labbaika Nugroho menjadi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran, Sugiyono menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, dan Azis Amin Mujahidin menjadi Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia. 

Menurutnya, pelantikan ini merupakan sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi pegawai dalam upaya peningkatan kompetensi aparatur ke arah tercapainya sumber daya yang handal dan profesional.

"Melalui pelantikan ini, saya ingatkan bahwa tugas-tugas telah menanti saudara semua, maka, saya tekankan, agar Saudara dapat memegang amanah ini dengan sebaik-baiknya dan menjadikannya sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja, prestasi dan disiplin.
Saudara juga harus bekerja keras, jujur, ikhlas, memiliki rasa tanggung jawab dan menjadi teladan dalam lingkungan kerja Saudara," tegasnya.

Lebih lanjut Zaenal menjelaskan bahwa, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II, dapat diibaratkan sebagai seorang pilot pesawat yang dituntut harus mampu menghadapi tantangan angin, cuaca buruk dan selalu melaporkan ke operator menara penerbangan.

Sama halnya dengan organisasi, bahwa kebijakan suatu organisasi Pemerintah yang di pimpin setingkat Eselon II, akan banyak ditentukan oleh kemampuan, komitmen, integritas dan loyalitas dalam menggunakan semua alat istrumen yang ada dalam setiap rancangan kebijakan yang diambil, untuk kemudian disampaikan kepada Pimpinan.

Sehingga Pejabat Eselon II bisa menjadi pilot yang mampu menggerakkan organisasi dan bergulirnya fungsi manajemen dan administrasi, baik yang dilakukan secara sinergis, paralel maupun parsial oleh setiap unit kerja.

Melalui pelantikan dan pengambilan sumpah ini, Zaenal berpesan kepada para pejabat yang baru saja dilantik untuk senantiasa melaksanakan dan meningkatkan tugas fungsi dan pelayanan publik, agar perbaikan kualitas pelayanan Pemerintah terhadap masyarakat luas dapat terus meningkat dalam rangka mewujudkan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Magelang.

"Saya tekankan Saudara agar dalam bekerja senantiasa menjaga keterpaduan, mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin serta komitmen terhadap tugas dengan penuh pengabdian dan tanggung jawab. Kemudian mengembangkan sifat sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang muncul, baik di dalam maupun di luar organisasi," tutur, Zaenal.

Ia menambahkan agar para pejabat yang baru saja dilantik tersebut mampu meningkatkan jiwa dan semangat untuk mewujudkan Pemerintahan yang baik dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan dan senantiasa meningkatkan wawasan sehingga mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik untuk kepentingan organisasi. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved